Tahun Ini Dana APBD OKI Untuk Air Sugihan Capai Rp 23,2 Miliar

129

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Kepala Bappeda Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumsel Aidil Azwari SP M.Si melalui sekretarisnya, Ir. H. Erwin Agusdy, MP ungkapkan bahwa pada tahun 2022 dana APBD Kabupaten OKI yang digelontorkan bagi Kecamatan Air Sugihan hampir sebesar Rp 23,2 miliar.

“Dana itu dialokasikan bagi program pembangunan dalam wilayah Kecamatan Air Sugihan ini meliputi sektor pendidikan, kesehatan, pertanian, infrastruktur serta lainnya. Terkait rincian dan lokasinya dimana saja, silahkan koordinasi dengan camat,” ujar Erwin, Rabu (19/1) pada giat musrenbang tingkat Kecamatan Air Sugihan yang dilaksanakan di aula kantor kecamatan setempat.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri anggota DPRD OKI, camat, para kades, Kapolsek, Danramil serta tamu undangan lainnya.

Erwin berharap, semoga dana APBD Rp 23,2 miliar itu bisa bermanfaat dan mudah-mudahan tahun 2023 nanti bisa meningkat.

“Namun perlu ditegaskan agar program, apabila bisa didanai ADD dan DD, tidak perlu diusulkan lagi. Hal ini untuk mencegah agar tidak tumpang tindih anggaran. Selain mengingat terbatasnya APBD OKI juga mencegah ada permasalahan di kemudian hari,” tandas dia.

Untuk tahun 2023, lanjut Erwin, tetap masih sama. Pemkab OKI akan melakukan program kerja antara lain penanganan pandemi Covid – 19, pembangunan industri, pertanian, pendidikan, kesehatan dan infrastruktur baik jalan, jembatan, air bersih, listrik serta lainnya.

Dalam kesempatan itu, Budiman selaku Ketua Komisi IV DPRD OKI mengatakan, masalah pandemi Covid – 19 adalah momok bagi kita bersama. Namun kami mengapresiasi TNI dan Polri yang telah mempelopori vaksinasi semua kalangan masyarakat.

“Dan sebenarnya, Covid – 19 ini yang jadi penyebab berkurangnya anggaran untuk pembangunan wilayah Kabupaten OKI. Maka itu, pencegahan dan penanganannya menjadi tanggung jawab kita bersama, sehingga bisa terlepas dari pandemi tersebut,” ujar Budiman.

Mewakili masyarakat Air Sugihan dapil III, mungkin kedepan harus difokuskan lagi pembangunan jalan poros Kecamatan Air sugihan.

Kata Budiman lagi, oleh karenanya untuk tahun depan, kami meminta kepada Pemkab OKI setidak-tidaknya dilakukan perbaikan minimal 8 kilometer.

“Jalan poros Kecamatan Air Sugihan kebutuhannya sepanjang 20 Km, dan tahun sebelumnya telah diperbaiki 8 Km. Jika tahun depan bisa dilaksanakan perbaikan 18 Km lagi, sehingga 16 Km bisa tuntas pada tahun 2024,” tandas Budiman seraya menambahkan, juga dibutuhkan perbaikan 4 jembatan di wilayah Air Sugihan.

Ada 4 jembatan poros desa yaitu Desa Margatani, Pangkalan sakti, Rengas Abang, dan Bukit Batu. Disamping itu, lanjut Budiman, kepada rekan – rekan kades dan pendamping desa, kami berharap dalam menyusun rancangan pembangunan desa untuk tetap prioritas pembangunan infrastruktur dulu.

“Sebab kalau tidak kerjasama maka sangat lamban pembangunan. Maka dari itu, bagi pendamping desa, mohon agar didampingi kades dalam penyusunan draf rancangan penganggaran. Misalnya jalan, utamakan kualitas, bukan panjang jaraknya,” tandas Budiman.

Senada, Sugeng selaku anggota DPRD OKI ini menambahkan, Alhamdulillah untuk tahun 2022 ini ada Rp 23,2 Miliar APBD Kabupaten OKI yang dialokasikan bagi pembangunan dalam wilayah Air Sugihan ini. Semoga tahun depan bisa meningkat, sehingga apa yang belum dibangun atau diperbaiki tahun bisa selesai kedepannya.

“Apa yang belum, silahkan diusulkan dalam kegiatan ini. Kami juga dari DPRD OKI tentu akan turut memperjuangkannya. Namun utamakan yang memang prioritas,” pungkas dia, seraya mengingatkan agar para pendamping desa untuk terus dampingi para kades dalam penyusunan draf rancangan penganggaran program pembangunan.

Sementara itu, Camat Air Sugihan Hadi Oktarisman SIP M.Si, mengatakan, kita sangat berterimakasih pihak Bappeda, Kapolsek dan perwakilan Danramil, anggota DPRD OKI, kades serta tamu undangan lainnya telah hadir dalam kesempatan ini.

“Mudah-mudahan apa yang diusulkan pada kesempatan ini bisa terealisasi kedepan. Dan perlu diketahui, meski dibandingkan tahun sebelumnya, dana APBD OKI yang digelontorkan ke Air Sugihan menurun, tapi kita patut bersyukur, karena memang begitulah keadaannya,” pungkas dia.

Sedangkan Kapolsek Air Sugihan, IPDA M. Indra Gunawan mengatakan, sebenarnya usulan ini sudah lama disampaikan, tetapi belum juga terealisasi, yaitu pembangunan pagar Mapolsek Air Sugihan. Dan semoga kedepan bisa direalisasikan.

“Jika tidak bisa melalui APBD, ya tolong kalau bisa, apabila ada dana hibah atau lainnya, agar direalisasikan,” pinta Kapolsek. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda