Syahrul Pasaribu Dukung Penuh Pelantikan SMSI Padangsidimpuan

295
Ketua Mandataris Pengurus SMSI Kota Padangsidimpuan Khairul Arief didampingi sejumlah pengurus saat berbincang dengan Sahabat Pers Sumut H. Syahrul M. Pasaribu.

PADANGSIDIMPUAN, BERITAANDA – H. Syahrul M. Pasaribu SH selaku tokoh yang pernah dua kali mendapat predikat Sahabat Pers Sumatera Utara (Sumut) mendukung penuh pelantikan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Padangsidimpuan.

Dukungan disampaikan saat Ketua Mandataris SMSI Padangsidimpuan, Khairul Arief Nasution, dan Pengurus berbincang dengan Syahrul Pasaribu, Jumat (3/11/2023) malam, di Padangsidimpuan.

Menurut Syahrul, di era keterbukaan informasi publik saat ini, memang peranan media siber di dunia pers sangat signifikan. Di mana, dengan dukungan kecanggihan teknologi pula, media siber bisa menyajikan berita detik itu juga.

“Tentunya, kawan-kawan yang tergabung di SMSI saya yakini memperhatikan keakurasian dan fakta dalam penyajian berita. Walau tetap cepat dalam menyajikan berita,” ungkapnya.

Disamping itu, lanjut dia, media siber dapat juga mendidik masyarakat, sehingga berkarakter baik yang pada akhirnya dapat menumbuhkan integritas,” jelas Bupati Tapsel dua periode itu.

Mantan Ketua Fraksi Golkar DPRD Sumut itu juga mengurai, dewasa ini, metode penulisan berita tidak lagi hanya dengan 5W + 1H (What, Who, When, Why, Where) + (How). Lebih dari itu, wartawan media siber kerap memasukkan 3 unsur.

“3 unsur itu adalah (share, safety, and solution). Artinya apa, kebutuhan zaman akan informasi sudah kian tingginya. Maka, saya memandang perlu, SMSI hadir di Padangsidimpuan,” ujarnya.

Syahrul berharap, SMSI bisa memberi warna baru dan dapat berkolaborasi aktif dengan segenap pemangku kepentingan di Kota Salak, apalagi di Tabagsel ini SMSI Padangsidimpuan yang pertama dan yang kedelapan belas dari 33 kabupaten/kota di Sumatera Utara.

Sehingga, SMSI hadir tidak hanya sekedar kumpulan wartawan media siber belaka, tetapi dapat dapat mewarnai akselerasi pembangunan khususnya di Kota Padangsidimpuan dan pada umumnya di daerah Tabagsel.

“Namun, kawan-kawan harus juga berkontribusi aktif guna mereduksi disinformasi di publik. Sehingga, harapan yang jauh lebih besar, SMSI punya peranan membangun daerah ke arah yang lebih baik,” tandas Syahrul Pasaribu.

Sebelumnya, Ketua Mandataris SMSI Kota Padangsidimpuan, Khairul Arief Nasution, menyatakan hajatnya dan rekan-rekan pengurus yang datang, untuk mengundang H. Syahrul M. Pasaribu agar hadir pada pelantikan nanti.

“Direncanakan pelantikan akan kami gelar, Sabtu (11/11/2023) mendatang. Kami berharap, pak Syahrul bisa berkenan hadir selaku Sahabat Pers Sumut untuk memberi wejangan ke kami,” kata jurnalis LKBN Antara tersebut.

Ke depan, Arief berjanji, bersama rekan-rekan pengurus SMSI akan melakukan kolaborasi aktif ke semua stakeholder. Senada dengan Syahrul, imbuh Arief, SMSI hadir guna memenuhi hasrat publik dalam memperoleh kecepatan dan keakuratan informasi.

“Kami mohon dukungan maupun bimbingan dari Bapak Syahrul Pasaribu agar kami tetap bisa berkiprah dengan baik lewat Pers khususnya di Kota Padangsidimpuan,” tutur Khairul Arief. [Anwar]

Bagaimana Menurut Anda