Supardi Didapuk Jadi Narasumber Pelatihan Manajemen BUMDes se-Sumut

392

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Kepala Desa Melati II Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Supardi, jadi narasumber pada pelatihan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemerintahan Desa (PMD) Provinsi Sumatera Utara, Selasa (11/2/2020), bertempat di Le Polonia Hotel Medan.

Dalam acara tersebut dibuka langsung oleh Kadis PMD Provinsi Sumut Ir. H. Aspan Sofian MM, sementara para pesertanya terdiri dari direktur dan sekretaris serta bendahara beserta para pengurus BUMDes se-Sumut.

Sedangkan dar Pemkab Sergai hadir Kabid Usaha Ekonomi Desa (UED) dan PKP Tiar Abdul Rahman Pangaribuan, SAP, Direktur BUMDes Madani Desa Melati II Perbaungan M. Yakub Saragih dan sekretaris Budiansyah, Direktur BUMDes Tara Mandiri Desa Tanah Raja Sei Rampah Bachtiar Sihombing dan Bendahara BUMDes Bersaudara Desa Sarang Ginting Dolok Masihul Safitri Nengtias.

Supardi selaku narasumber memaparkan profil Desa Melati II yang jumlah penduduknya sekitar 16.800 jiwa dan ada 23 dusun. Untuk masyarakatnya terdiri berbagai suku dan budaya, diantaranya Jawa 80 persen, Banjar 10 persen, Batak 5 persen, Banten 3 persen, Melayu 1,8 persen, Bali 0,2 persen.

Selanjutnya, Kades Melati II ini juga saat memberikan paparannya tentang destinasi wisata tani di desanya, sembari memperlihatkan tayangan video yang disaksikan oleh para peserta yang hadir.

Kades juga menyebutkan, yang dikelola oleh BUMDes Madani ini merupakan sektor unggulan Desa Melati II, diantaranya gotong royong, BUMDes Madani, Panteng Kleset yang merupakan wisata pertanian, Palungguhan To Joyo, kebun jeruk petik sendiri dan kelompok ternak Mulya Jaya.

“Dampak usaha wisata tani di Desa Melati II tersebut adalah meningkatnya penghasilan pada kelompok usaha yang tergabung dalam kemitraan dan masyarakat desa setempat. Kemudian, terciptanya lapangan pekerjaan, bertambahnya tingkat SDM dengan adanya kegiatan pelatihan pada masyarakat, serta membantu perekonomian desa dengan terciptanya homestay,” ungkap Supardi.

Sementara Kabid UED dan PKP dari Dinas PMD Sergai Tiar Abdul Rahman Pangaribuan saat dikonfirmasi oleh awak media menyebutkan, ia sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas PMD Sumut ini.

“Dengan diadakannya pelatihan ini lebih membuka wawasan dalam hal mengelola dan mengembangkan BUMDes dengan menghadirkan para narasumber yang ahli di bidangnya,” kata dia.

Ia juga mengatakan, melalui pelatihan ini, para peserta dapat saling bertukar informasi, baik terkait masalah yang dihadapi masing-masing BUMDes maupun unit-unit usahanya. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda