Aspan Sofian: Pengelolaan BUMDes Harus Ciptakan Ide Baru

256

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Dinas Pemerintahan Desa (PMD) Provinsi Sumatera Utara selenggarakan pelatihan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang berlangsung dari tanggal 10 sampai 13 Februari 2020, bertempat di Le Polonia Hotel Medan, Selasa (11/2/2020).

Para peserta pelatihan tersebut berasal dari 22 kabupaten se-Sumut, terdiri dari para Direktur BUMDes dan pengurusnya.

Kadis PMD Provinsi Sumut Ir. H. Aspan Sofian MM langsung membuka acara pelatihan itu, yang juga dihadiri oleh narasumber yang ahli di bidang pengelolaan BUMDes.

Aspan Sofian menghimbau kepada seluruh kades dan para Direktur BUMDes beserta pengurusnya agar serius menyerap semua materi yang diberikan dalam hal pengelolaan manajemen BUMDes, agar dapat menjalankannya sesuai dengan prosedur yang berlaku.

“Keberadaan lembaga ekonomi ini agar tidak dikuasai oleh kelompok tertentu yang memiliki modal besar. Jika dilakukan secara bergotong-royong, maka diharapkan dapat memberikan tujuan utamanya yakni untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” jelas dia.

Aspan juga mengatakan, carilah yang spesifik di desa untuk menciptakan produk yang bisa dipromosikan, sehingga ada nilai jualnya.

“Jangan mencontoh destinasi wisata tani Desa Melati II Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai yang telah kita lihat melalui pemutaran videonya. Ciptakan ide baru dalam pengelolaan BUMDes, yang sumber dananya dari dana desa (DD) tersebut,” ucap dia. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda