Soekirman Ajak Umat Nasrani Jaga Kerukunan Antar Umat Beragama

136

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Bupati Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H Soekirman menghadiri acara perayaan Natal GAMKI Sergai, bertempat di Gereja HKBP Resort Perbaungan Kecamatan Perbaungan, Ahad (29/12/2019).

Ketua GAMKI Sergai Jhonson Panjaitan mengucapan terimakasih atas perhatian dari pemerintah daerah, khususnya bupati dan wabup serta seluruh jajaran.

“Kami berharap perhatian pemerintah daerah hingga desa semakin baik kepada pembinaan GAMKI dalam menjaga kerukunan antar umat beragama, serta membangun Sergai dengan kebersamaan. Selain itu, kami mendukung terus terjaganya persatuan dan kesatuan, antara lain dengan menolak keras penyalahgunaan dan peredaran narkoba yang sudah sangat meresahkan. Kami tidak akan segan-segan memberikan sanksi berat bagi anggota yang terlibat penyalahgunaan dan peredaran narkoba tersebut,” tegas dia.

Sementara Bupati Soekirman menyebutkan bahwa dirinya merasa sangat bergembira bisa bersama lagi dengan GAMKI.

“Saat kaum minoritas berada di wilayah mayoritas, justru hal tersebut adalah keuntungan, dengan begitu maka kita dapat langsung mempraktikkan bagaimana toleransi itu berjalan dengan baik. Hal yang sama kita rasakan saat ini di Kabupaten Sergai yang mayoritas adalah umat Islam,” kata bupati.

“Hingga kini umat beragama yang ada disini selalu aman, damai, tenteram dan damai. Sebab, masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat ini selalu kompak bersaudara dalam menjaga kerukunan antar umat beragama secara bersama-sama,” jelas dia.

Terkait perhatian pemerintah daerah terhadap organisasi seperti GAMKI, lanjut bupati, bahwa akan sangat mendukung pengalokasian anggaran seperti dana desa dan ADD, dalam rangka pembinaan kerohanian umat beragama.

“Untuk itu, maka mari tunjukkan kemampuan, keunggulan serta inovasi kita, sehingga membuat bangga desa mu, gereja mu, kecamatan mu bahkan kabupaten mu ini dengan prestasi dan inovasi dari pemuda-pemuda GAMKI,” jelas bupati.

“Kemudian pada kesempatan ini diajak kepada generasi muda GAMKI untuk bersama-sama menjaga kelestarian budaya seperti bahasa, tari, dan kesenian daerah lainnya, agar tidak hilang ditelan zaman,” pungkas bupati.

Pada kegiatan tersebut juga diisi dengan acara lucky draw, pemberian tali asih dan penyerahan buku ‘Serdang Bedagai Kampung Kami’ edisi khusus kepada pengurus GAMKI Sergai. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda