Sekda Thamrin Kukuhkan TPAKD Lamsel dan Resmikan Galeri Investasi Desa Cinta Mulya

8

LAMSEL-LAMPUNG, BERITAANDA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin, S.Sos, MM, mengukuhkan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Lampung Selatan tahun 2021.

Pengukuhan tersebut berdasarkan Keputusan Bupati Lampung Selatan Nomor B/240/I.06/HK/2021 tentang Pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Kabupaten Lampung Selatan tahun 2021 tanggal 4 Maret 2021.

TPAKD yang dikukuhkan terdiri dari unsur Pemkab Lampung Selatan, pimpinan instansi vertikal, pimpinan lembaga jasa keuangan, akademisi dan pelaku usaha.

Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Cinta Mulya, Kecamatan Candipuro, Selasa (15/6), turut dihadiri Kepala Biro Perekonomian Provinsi Lampung Emilia Kusumawati, serta anggota DPRD Kabupaten Lampung Selatan Fraksi PKB, Romli.

Hadir juga Perwakilan Kepala Kantor Bank Indonesia Provinsi Lampung Alfin M. Hoesni, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Lampung Bambang Hermanto, Kepala Bursa Efek Indonesia Perwakilan Provinsi Lampung Hendi Prayogi, Direktur Utama Bank Lampung Presley Hutabarat, Camat dan Uspika Candipuro, dan Kepala Desa Cinta Mulya.

Menyampaikan amanat Bupati Lampung Selatan, Sekda Thamrin menyambut baik atas dikukuhkannya TPAKD Kabupaten Lampung Selatan tahun 2021.

Insya Allah tim ini akan bekerja dengan baik dan profesional sesuai dengan program kerja yang telah direncanakan,” ujar Thamrin.

Thamrin juga berharap, TPAKD Kabupaten Lampung Selatan bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya serta memiliki komitmen untuk saling mendukung. Sehingga akan tercipta pertumbuhan ekonomi yang lebih baik di Kabupaten Lampung Selatan. “Oleh karena itu, kehadiran Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengembangkan berbagai usahanya,” katanya.

Selain mengukuhkan TPAKD Kabupaten Lampung Selatan, Thamrin bersama Kepala Biro Perekonomian Provinsi Lampung dan pimpinan lembaga yang hadir meresmikan Galeri Investasi Desa Nabung Saham di Desa Cinta Mulya, Kecamatan Candipuro.

Thamrin mengatakan, dengan hadirnya Galeri Investasi tersebut, harus menjadi program yang strategis dalam upaya mengembangkan perekonomian lokal.

“Tentu kita sangat gembira, biasanya kan program seperti ini adanya di kota-kota besar. Saya berharap sinergisitas program ini dapat mendorong berkembangnya perekonomian lokal. Apalagi sekarang eranya digital,” kata Thamrin.

Sementara itu, Kepala Biro Perekonomian Provinsi Lampung, Emilia Kusumawati sangat mendukung dengan dikukuhkannya TPAKD dan peresmian program Galeri Investasi Nabung Saham di Kabupaten Lampung Selatan.

“Pembentukan TPAKD di Kabupaten Lampung Selatan ini adalah salah satu titik awal. Meskipun tidak ada TPAKD akses keuangan tetap bisa tumbuh, tetapi dengan TPAKD bisa lebih terarah,” kata Emilia Kusumawati.

Menurutnya, TPAKD ini bisa memperluas akses keuangan daerah apalagi saat ini di tengah pandemi Covid-19. Sehingga dibutuhkan percepatan akses keuangan daerah, dengan TPAKD mendukung mewujudkan akses pertumbuhan perekonomian daerah.

“Tentunya kami pemerintah provinsi sangat mendukung akses keuangan di daerah tetap berjalan. Apalagi ditengah pandemi, program ini sangat cocok. Ditambah program smart village di Desa Cinta Mulya yang memang program unggulan Pak Gubernur,” ujarnya.

Sementara itu, pada acara tersebut Desa Cinta Mulya juga memperoleh penghargaan dari Kepala OJK Provinsi Lampung dan Bupati Lampung Selatan sebagai penggiat desa inklusi keuangan dan pilot project program smart village Provinsi Lampung. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda