Rotasi Jabatan Ditentang, Mantan Kepsek SMPN 1 Pedamaran Enggan Pindah ke Sekolah Lain

284

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Rotasi jabatan sebagai bentuk penyegaran dilingkungan pendidikan yang telah dilaksanakan Pemkab Ogan Komering Ilir (OKI) tertanggal 13 Oktober 2023 lalu, hingga kini masih ditentang oleh mantan Kepala Sekolah SMPN 1 Pedamaran.

Padahal, rotasi itu telah tercantum dalam keputusan sesuai dengan SK Bupati OKI No. 820/03.10/KEP-BKD/2023 tentang penugasan guru sebagai Kepala Sekolah SD dan penugasan guru sebagai Kepala Sekolah SMP.

Dalam rotasi tersebut, jabatan Kepala Sekolah SMPN 1 Pedamaran semestinya dijabat Lindawati SH M.Pd, namun hingga kini belum bertugas di SMP Negeri tersebut, dikarenakan Kepsek Catur Febiastuti S.Pd hingga kini enggan lengser dari jabatannya.

Ketika dikonfirmasi, Catur Febiastuti menyampaikan, dirinya belum bisa diwawancarai dikarenakan ada panggilan dari Disdik OKI.

“Silahkan ngobrol sama guru ya, saya lagi ada panggilan dari Disdik OKI,” ujarnya seraya berlalu, Senin (4/12/2023) kemarin.

Sehari kemudian, ketika dimintai konfirmasi, Catur tidak masuk ke kantor.

“Ibu belum datang, mungkin masih diperjalanan,” ucap salah seorang guru, Selasa (5/12/2023).

Di tempat terpisah, Lindawati ketika dikonfirmasi mengatakan, saat ini dirinya masih menjalankan rutinitas seperti biasa di SMPN 2 Pedamaran.

“Ya, belum bisa pindah ke SMPN 1 Pedamaran, karena belum ada serah terima,” jelasnya.

Dirinya juga menambahkan, sebelumnya pernah berkoordinasi dengan pihak Disdik OKI terkait jabatannya yang seharusnya menjabat di SMPN 1 Pedamaran, namun disuruh menunggu.

“Sudah pernah berkoordinasi dengan pihak Disdik OKI, tapi diminta bersabar menunggu informasi selanjutnya,” terang dia.

Dijelaskan dia lagi, padahal jika menurut SK yang dikeluarkan 13 Oktober yang ia terima pada 28 Oktober lalu, sampai saat ini masih belum ada kejelasan. Menurutnya, setelah diterimanya SK, dirinya telah berkoordinasi dengan Catur Febiastuti, namun tidak mendapat respons dengan alasan masih sibuk.

“Saya sudah komunikasi, tapi dijawab lagi sibuk. Dan hingga kini belum ada kejelasan terkait serah terima jabatan,” ungkap dia.

Sementara itu, akibat belum serah terima tersebut berimbas pada roling Kepsek SMPN 2 Lempuing Jaya yang seharusnya menjabat Kepsek SMPN 2 Pedamaran.

“Belum pak. Belum ada kabar masih menunggu perintah Dinas Pendidikan,” ungkap Kepsek SMPN 2 Lempuing Jaya Yuliana S.Pd via seluler. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda