Polda Lampung Gelar Operasi Zebra Krakatau 2020, Ratusan Personel Diterjunkan

18

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Polda Lampung dalam mewujudkan keamanan, keselamatan, kelancaran, dan ketertiban lalulintas dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif, peneggakan hukum secara selektif prioritas guna menciptakan lalulintas yang aman dan nyaman akan menggelar Operasi Zebra Krakatau 2020 yang dilaksanakan selama 14 hari, dimulai dari 26 Oktober 2020 sampai 8 November 2020.

Operasi Zebra Krakatau 2020 tahun ini melibatkan 588 orang personel Polda dan Polres jajaran, serta Pom TNI AD dan TNI AL yang terdiri dari 4 Satgas, dengan sasaran utama kelengkapan surat kendaraan dan pengendara, tidak menggunakan helm SNI, melawan arus, Odol (over dimention dan over loading), berkurangnya jumlah pelanggaran dan kejadian lakalantas, serta terbangunnya budaya tertib lalulintas khususnya di kalangan generasi milenial dan para peserta kampanye pilkada serentak tahun 2020.

Anev Operasi Zebra Krakatau pada tahun 2018-2019 yaitu penindakan pelanggaran tahun 2018 sebanyak 19.603, sedangkan tahun 2019 sebanyak 26.680 yaitu meningkat sebanyak 41 persen. Kecelakan pada tahun 2019 terjadi sebanyak 29 kali, meninggal dunia 16 orang, luka berat 9, sedangkan luka ringan 2 orang. Pada Operasi Patuh Krakatau 2020 tahun diupayakan terjadinya penurunan angka tersebut.

Kapolda Lampung Irjen Pol. Drs. Purwadi Arianto M.Si menyampaikan pada Operasi Zebra Krakatau 2020 tahun ini, salah satu yang menjadi fokus yaitu keselamatan bagi pengguna jalan di masa adaptasi kebiasaan baru untuk mencegah terjadinnya penyebaran penularan virus Covid-19, dengan cara bertindak penegakkan hukum disertai kegiataan preemtif dan preventif secara selektif prioritas.

“Untuk mencapai tujuan tersebut, operasi ini dilaksanakan dengan tindkan kepolisian di bidang lalulintas yaitu tindakam represif 20 persen, tindakan preemtif 40 persen, tindakan preventif 40 persen, dengan tetap mengedepankan tindakan humanis serta memperhatikan protokol kesehatan,” jelas dia.

“Lakukan tugas operasi dengan baik dan berpedoman pada aturan perundang-undangan yang berlaku. Polda Lampung akan memberikan reward kepada pengendara yang tertib berlalulintas dan protokol kesehatan, dengan memberikan kartu nama personel di lapangan,” pungkas Kapolda. [Katrine]

Bagaimana Menurut Anda