PKK Sumut Evaluasi Desa Binaan Simaninggir Tapsel

345

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) yang diwakili Kadis PP dan KB Ahmad Ibrahim Lubis menerima kunjungan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP. PKK) Provinsi Sumatera Utara (Provsu), di Desa Simaninggir, Marancar, Kamis (9/1/2020).

Dipimpin Lucy Destriati (perwakilan BKKBN), Reza Pahlevi (Sekretaris PKK Provsu) dan Ruhyat (Wakil Ketua PKK Provsu), tim lakukan evaluasi desa binaan (Simaninggir) kategori Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (PKK-KKBPK) Kesehatan.

“Selamat datang tim evaluasi Provsu di Tapsel. Semoga melalui kegiatan evaluasi desa binaan ini dapat meningkatkan cakupan pelayanan yang adil dan berkualitas. Utamanya program PKK dengan 10 program pokoknya. Khususnya program kesehatan, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat,” kata Ibrahim.

Keterlibatan kelompok masyarakat di kegiatan ini, ungkap Kadis PP dan KB, diharapkan dapat memaksimalkan upaya peningkatan taraf kesehatan maupun pemberdayaan keluarga di bidang ekonomi sekaligus menjadi peserta KB. Diharapkan pula kegiatan ini berdampak pada keberlangsungan pemakaian alat kontrasepsi.

“Termasuk di bidang status gizi dan kesehatan masyarakat, khususnya anak dan balita dari kalangan keluarga pra sejahtera dan keluarga sejahtera,” ujar Ibrahim sembari menyampaikan walaupun kegiatan dimaksud telah menunjukan pencapaian yang cukup baik, tapi masih butuh upaya konkret guna memberi kontribusi nyata.

“Harapannya, setelah pembinaan dilaksanakan secara intensif, kegiatan evaluasi desa binaan akan menguatkan pola sinergitas antara semua elemen masyarakat Simaninggir, atau warga Tapsel secara umum. Supaya nantinya, akses terhadap kehidupan lebih berkualitas melalui aspek PKK KKBPK kesehatan tercapai,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua TP. PKK Tapsel Syaufia Lina Syahrul M. Pasaribu menyebutkan, Tapsel butuh lebih banyak bimbingan maupun arahan dari TP. PKK Provsu. Tanpa bimbingan yang berkelanjutan, maka pihaknya dimungkinkan tidak bisa berbuat lebih terkait program PKK.

“Dalam hal verifikasi desa binaaan ini, sejatinya kami telah menjalankan berbagai langkah serta upaya terbaik. Jikalau didapati kekurangan dan ketidaksempurnaan, mohon pahami serta bina kami masyarakat desa ini yang hanya memiliki semangat membangun desa,” harap Syaufia.

Melalui kegiatan itu, Syaufia berharap tingkat kesadaran masyarakat tentang KB, kepedulian lingkungan, kesehatan dan pendidikannya bisa bertambah tinggi. Termasuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian masyarakat Desa Simaninggir.

“Tentunya kami optimis, Desa Simaninggir bisa menjadi desa binaan kategori PKK KKBPK kesehatan terbaik di tingkat Sumut. Karenanya, kami senantiasa siap bekerja menjalankan visi dan misi gerakan PKK, demi untuk kepentingan warga Tapsel,” tegas Syaufia.

Menanggapi harapan tersebut, Ketua tim Lucy Destriati mengatakan, kegiatan ini bermaksud untuk menilai pelaksanaan PKK-KKBPK Kesehatan oleh TP. PKK Tapsel. Hasil penilaian nantinya akan menentukan mana PKK-KKBPK Kesehatan kabupaten/kota terbaik di Sumut.

“Kegiatan ini juga untuk membina masyarakat meningkatkan derajat kesehatannya. Semoga, ini menjadi motor penggerak partisipasi bagi semua pihak. Wadah pembinaan bagi instansi pemerintah, organisasi masyarakat, LSM, dunia usaha dan swasta,” terang Lucy. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda