Pemprov Jambi Mulai Siaga Tanggulangi Kebakaran Hutan dan Lahan

137

JAMBI, BERITAANDA – Bertempat di Hotel Shang Ratu Hotel, Sekda Provinsi Jambi HM. Dianto membuka secara resmi rapat teknis kesiap-siagaan penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan, Kamis (13/6/2019).

Turut mendampingi Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jambi Bachyuni Deliansyah dan Kadis Kehutanan Provinsi Jambi,Ahmad Bastari.

Dikatakan oleh HM. Dianto, setiap tahun kita mengalami dua siklus musim, musim hujan disusul dengan musim kemarau. Pada musim hujan kita siaga menghadapi bencana banjir, dan pada musim kemarau kita mempersiapkan diri pula mengantisipasi bencana kebakaran, terutama kebakaran hutan dan lahan.

“Kita masih mengingat dengan jelas betapa banyak kerugian yang ditimbulkan oleh kebakaran hutan dan lahan pada tahun 2015 yang lalu,” jelasnya.

Lanjut dia, Provinsi Jambi tidak ingin hal itu terulang kembali.

“Memang patut kita syukuri bahwa dari tahun 2016 sampai 2018 yang lalu, bencana kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi dapat kita tekan dan minimalisir sedemikian rupa. Ini didukung oleh aparat terkait, baik itu TNI-Polri maupun seluruh rekan-rekan yang terkait dengan tupoksi,” ujarnya.

Ditambahkan oleh Bachyuni Deliansyah, maksud rapat teknis ini mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan persiapan kebakaran hutan dan lahan yang melibatkan pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat.

“Tujuannya menyatukan pola pikir serta persepsi pola tindak menghadapi musim kemarau, sehingga dapat mencegah kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan yang ada di Provinsi Jambi,” singkat dia. (Inro)

Bagaimana Menurut Anda