Pemkot Gandeng Peneliti Rumuskan Persoalan Mendasar di Sidimpuan

77

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Walikota Irsan Efendi Nasution buka acara diseminasi hasil-hasil penelitian kerjasama Pemkot Padangsidimpuan (Baplitbangda) dengan perguruan tinggi IPTS, UMTS, IAIN, dan UGN di aula BKPSDM, komplek perkantoran Pal IV Pijorkoling, Rabu (21/10/2020) pagi.

Kegiatan ini, menurut laporan ketua panitia Guswan Arisandi, bertujuan untuk memperoleh masukan yang produktif terhadap hasil-hasil pengembangan yang dilaksanakan agar dapat disempurnakan hasilnya.

Selanjutnya, tersosialisasikan atau terpublikasi hasil-hasil penelitian dalam merumuskan kebijakan pembangunan oleh instansi terkait dan stakeholder lainnya. Kepesertaan terdiri dari perangkat daerah, perguruan tinggi swasta, dan juga para peneliti.

Kepala Baplitbangda M. Jusar Nasution berharap, perangkat daerah bisa menangkap gagasan yang lahir dari tim peneliti agar jadi bagian dari kebijakan di dalam menjalankan program-program di tahun-tahun mendatang.

“Kita harus memahami RPJMD, memahami Renstra dan diharapkan diperencanaan tahun 2022, kita bisa masuk menjadi bagian dari kebijakan umum anggaran, agar kita bisa mengerucut kepada RKPD,” harap Jusar.

Kepada pihak perguruan tinggi, Jusar sangat berharap akan berkembang wilayah penelitian yang dapat membantu walikota dan jajarannya untuk merumuskan kebijakan baru yang pro terhadap peningkatan mutu kehidupan.

“Semiisal meneliti Jalan Thamrin, bagaimana supaya kami bisa melakukannya dengan cara smooth tanpa ada orang yang keberatan, orang merasa terbantu. Kebersihan jalan itu juga merupakan persoalan klasik mulai dari periode pertama walikota sampai hari ini,” jelasnya.

Kepala Baplitbangda mengutarakan, hambatan yang dialami pihaknya sejauh ini adalah dari sudut ketersediaan anggaran kota, berimbas kepada kemampuan anggaran di Baplitbangda untuk masuk ke riset penelitian.

“Oleh karena itu dengan berkenannya bapak-ibu bermitra dengan kami, dengan pola kemitraan, tidak berbasis biaya, kami haturkan banyak terima kasih,” tandas Jusar.

Walikota Sidimpuan sebagai keynote speech menyambut baik acara ini sebagai salah satu bentuk pertanggung jawaban publik kepada para stakeholder tentang apa yang telah dilakukan oleh perguruan tinggi melalui Baplitbangda dalam upaya mendorong dunia kepenelitian untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penyebarluasan hasil-hasil yang telah dilaksanakan yang pada akhirnya dapat dimanfaatkan dan dirasakan oleh masyarakat, katanya.

“Oleh karenanya, lembaga penelitian di Kota Padangsidimpuan perlu didorong untuk terus berupaya mengedepankan hasil-hasil penelitian, kajian dan telaahan strategis dalam rangka menghasilkan rekomendasi kebijakan secara berkualitas dan aplikatif,” ujarnya.

Irsan Efendi juga mengucapkan terima kasih kepada para peneliti yang telah memberikan kontribusi positif dalam mendorong pembangunan di Kota Padangsidimpuan.

Acara ditandai dengan penyerahan sertifikat dan cinderamata kepada peneliti dan walikota menerima buku karya dari peneliti Muhammad Syukri Pulungan berjudul “Kekerasan Pada Anak Kajian Teoritis dan Empiris.” [Anwar]

Berikut judul penelitian perguruan tinggi yang akan diseminasikan dalam kegiatan ini:

  1. Pengolahan Getah Salak menjadi bahan pengenyal alami oleh Muharram Fajrin Harahap S.Pi, M.Si dari Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan tahun 2020.
  2. Persepsi masyarakat terhadap kebersihan kota yang indah teratur dan nyaman dalam meningkatkan pembangunan di Kota Padangsidimpuan oleh Dra. Nursiah Hasibuan, MAP dari Universitas Graha Nusantara (UGN) tahun 2020.
  3. Upaya penanganan kekerasan pada anak (studi kasus kantor P2TP2A wilayah Tabagsel) oleh Muhammad Syukri Pulungan, M.A dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) tahun 2020.
  4. Analisis Mutu Air Minum Isi Ulang di Kota Padangsidimpuan berdasarkan persyaratan mikrobiologi oleh Rizky Amelia Dona Siregar, M.Si dari Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) tahun 2020.

Bagaimana Menurut Anda