Pemkab Sekadau Mantapkan Persiapan Pilkada 2020 Lewat Rakor

172
Rakor pilkada 2020 di Pemda Kabupaten Sekadau. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sekadau menggelar rapat koordinasi (rakor) pemilukada 2020 bersama penyelenggara pemilu dan forkompinda serta perangkat kecamatan maupun desa, Selasa (11/2/2020), bertempat di ruang serba guna kantor bupati setempat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. H. Zakaria Umar M.Si melaporkan bahwa latar belakang kegiatan ini adalah perlunya sosialisasi kepada aparatur pemerintahan bahwa Kabupaten Sekadau akan memilih pemimpin daerah dalam pilkada serentak 2020.

“Juga penting bagi masyarakat dan semuanya untuk mengetahui tentang pelaksanaan pilkada agar berkualitas,” kata Sekda Zakaria.

Sementara Bupati Sekadau Rupinus SH M.Si dalam sambutannya menjelaskan, bahwa Kabupaten Sekadau menjadi bagian dari 270 kabupaten dan kota di 9 provinsi yang akan melaksanakan pilkada tahun ini.

Sedangkan di Kalbar, 7 kabupaten akan melaksanan pilkada serentak, antara lain Kabupaten Sambas, Bengkayang, Sintang, Kapuas Hulu, Melawi dan Ketapang dan Sekadau.

Bupati berharap, sebagai kabupaten penyelenggara pemilu, mempersiapakan diri agar pilkada berjalan dengan baik, sesuai asas pemilu yang langsung, umum, bebas rahasia.

Rupinus juga mengingatkan agar aparatur pemerintah menjaga netralitas agar tidak menciderai pesta demokrasi. Dan kepada penyelenggara supaya mempersiapkan pemilu dengan baik.

“Untuk aparat keamanan (TNI-Polri) dapat melaksanakan pengamanan pilkada supaya berjalan lancar, serta mengutamakan pencegahan dibanding penindakan,” tukasnya.

Dalam kegiatan ini, juga dilaksanakaan penandatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) antara pemerintah daerah dengan penyelenggara pemilu serta aparat keamanan tahun anggaran 2020.

Sedangkan untuk materi kegiatan disampaikan oleh Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Kepolisian Resor Sekadau, Dandim 1204/Sanggau dan juga Kejari Sekadau. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda