Pemkab Nias Gelar Pendidikan Politik Untuk Kecamatan Gido dan Ma’u

22

NIAS-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Nias gelar pendidikan politik untuk masyarakat yang berada di Kecamatan Gido dan Ma’u, bertempat di gedung serbaguna Kecamatan Gido, Selasa (2/3).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Nias AHD. Darwis Zendrato, S.Sos saat menyampaikan, pelaksanaan pendidikan politik kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Nias dibagi dalam 5 (lima) lokasi yang jumlah total pesertanya sebanyak 850 orang, dan hari pertama dilaksanakan di gedung serbagauna Kecamatan Gido yang terdiri dari 2 kecamatan, yakni Ma’u dan Gido dengan jumlah peserta 150 orang dengan protokol kesehatan.

Wakil Bupati Nias, Arosokhi Waruwu, SH, MH mengatakan bahwa pendidikan politik adalah proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban dan tanggung jawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Masyarakat saat ini masih banyak yang beranggapan bahwa politik itu bukan urusan mereka, urusan pemerintah, sehingga masyarakat masih ada yang percaya terhadap janji-janji manis, dan dalam realitanya atau penerapannya tidak sesuai dengan yang telah diterbitkan ketika sudah berhasil duduk, bahkan yang paling memprihatinkan perilaku masyarakat baru yang ingin mengikuti sistem politik hubungan dibarengi dengan mempersembahkan upeti atau gizi politik,” tuturnya dihadapan para peserta pertemuan.

Selanjutnya, Wakil Bupati Nias mengimbau masyarakat untuk menjadi masyarakat yang berkualitas dengan membuka akses secara berkelanjutan dalam bidang pendidikan kepada masyarakat, sehingga meningkatkan potensi untuk bisa berpartisipasi dalam berpolitik yang positif.

Adapun narasumber pada kegiatan pendidikan politik tersebut yakni, wakil bupati dengan topik ‘pentingnya pendidikan politik’ dan narasumber lainnya yakni, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Nias Sabayuti Gulo, dengan topik ‘etika dan budaya politik’. [Ganda]

Bagaimana Menurut Anda