Pemkab Lambar Gelar Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa

425

LAMBAR-LAMPUNG, BERITAANDA – Pemkab Lambar melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa melaksanakan bimbingan teknis (bimtek), Kamis (25/4/2019).

Kegiatan ini dibuka oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ir. Sudarto M, MM mewakili bupati, dengan narasumber dari LKPP Jakarta, Suratmo SIP, MM.

Dalam kegiatan tersebut Sudarto menyampaikan bahwa proses pengadaan barang jasa mempunyai peran yang sangat penting dan strategis. Mengingat program yang akan dilaksanakan oleh OPD, baik berupa konstruksi, jasa konsultansi dan jasa lainnya serta pengadaan barang belum bisa dilaksanakan sebelum terlebih dahulu dilakukan proses pengadaan barang jasa.

“Kemudian, Pengadaan Barang Jasa (PBJ) tersebut terdapat suatu metode pengadaan, yaitu pengadaan barang jasa secara swakelola. Dimana seluruh proses pengadaannya baik perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya dilakukan sendiri oleh penyelenggara kegiatan. Tetapi untuk diketahui pula bahwa terdapat beberapa tipe pengadaan secara swakelola. Oleh sebab itu perlu adanya pemahaman yang benar di dalam pelaksanaannya, supaya tidak ada kesalahan prosedur untuk kedepannya,” jelas dia. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda