Pegadaian Bidik Gambo Muba Jadi Produk Siap Ekspor

60

MUSI BANYUASIN, BERITAANDA – Gambo Muba produk eco fashion khas Bumi Serasan Sekate kembali menarik perhatian banyak pihak. Kali ini, PT Pegadaian Sumbagsel berencana akan mendorong gambo Muba untuk menjadi produk yang ready ekspor.

Hal ini diketahui saat jajaran pimpinan PT Pegadaian Sumbagsel audiensi dengan Pj. Bupati Apriyadi Mahmud di Kantor Mess Perwakilan Palembang, Kamis (19/10/2023).

“Kami sangat kagum dengan gambo Muba. Sudah kami cek pengrajinnya, dan produk ini sangat berpotensi untuk ready ekspor,” ungkap Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Kanwil III Sumbagsel, Praktino.

Dijelaskan dia, dalam upaya mendorong UMKM go internasional saat ini terus dilakukan pihaknya dan menginventarisir potensi produk produk UMKM daerah yang siap untuk didorong jadi produk siap ekspor. “Dan di Muba kami melihat salah satunya gambo Muba,” ucapnya.

Ia merinci, Pegadaian sejak tahun 2022 telah melaksanakan penyaluran KUR untuk UMKM.

“KUR yang disalurkan mulai dari Rp10-50 juta dan bunganya sangat rendah,” ulasnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Apriyadi Mahmud mengungkapkan Muba memiliki tiga produk inovatif yang siap untuk didorong jadi produk ekspor. “Diantaranya gambo Muba, pelepah pinang, dan cocofeat dan coco fiber,” bebernya.

Mantan Kabag Kesra Muba ini menambahkan, gambo Muba merupakan produk fashion yang ramah lingkungan yang terbuat dari limbah getah gambir.

“Ini tentu sangat cocok dan selaras untuk didampingi Pegadaian yang juga konsen dengan produk ramah lingkungan,” ujar Apriyadi.

Apriyadi melanjutkan, Pemkab Muba akan terbuka dan sinergi dengan maksimal bersama Pegadaian demi memberikan kontribusi positif untuk masyarakat.

“Prinsipnya kami siap dan terbuka untuk sinergi ini, tentu Pegadaian silahkan saja untuk memilih tiga produk andalan di Muba yang nantinya akan didorong dan didampingi menjadi produk yang ready ekspor,” pungkasnya. (Sansida)

Bagaimana Menurut Anda