‘Pancasila Adalah Rumah Kita Semua’

141

PESAWARAN-LAMPUNG, BERITAANDA – Brigade Infanteri 4 Marinir/BS (Brigif 4 Marinir/BS) melaksanakan upacara peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, di Batalyon Infanteri 7 Marinir, Ketapang, Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, Sabtu (1/6/2019).

Dalam sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP) yang dibacakan oleh Paspers Brigif 4 Marinir/BS mengatakan, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan.

Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengalaman nilai-nilai Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Berkat Pancasila yang berkeadilan dengan nilal-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong-royong keberagaman yang ada menjadi suatu berkah. Berkat Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan Bhinneka Tunggal Ika. “

“Sebagai negara bangsa yang inklusif dan tidak chauvinis diperlukan pengelolaan unit kultural dan unit politik secara dialektis. Keberagaman yang ada secara alami dan kultural harus dikelola dan dikembangkan untuk membangun tamansari kebudayaan yang memungkinkan semua mahkluk hidup tumbuh sesuai dengan ekosistem yang sehat. Indonesia untuk kita semua, dan Pancasila adalah rumah klta semua.”

Diakhir sambutan tersebut mengatakan, melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita semua harus terus-menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan serta kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan.” (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda