Optimalkan Penyerapan dan Realisasi Anggaran Zakat, Pj. Bupati Apresiasi Baznas Muara Enim

6

MUARA ENIM, BERITAANDA – Optimalkan penyerapan dan realisasi anggaran, Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim H. Ahmad Rizali menerima audiensi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Muara Enim, Rabu (18/10/2023), di Ruang Rapat Bupati Muara Enim.

Ketua Baznas Kabupaten Muara Enim H. Fajeri Erham yang hadir bersama Wakil Ketua II dan III dalam laporannya mengatakan, pihaknya memiliki berbagai program yang saat ini sudah berjalan. Diantaranya Muara Enim Sejahtera, Muara Enim Sehat, Muara Enim Cerdas, Muara Enim Makmur, Muara Enim Taqwa dan Muara Enim Peduli.

Target tahun ini, lanjutnya, Baznas Muara Enim telah merealisasikan anggaran sebesar Rp 1,5 miliar dengan target capaian realisasi anggaran sebesar Rp 2,1 miliar.

“Mohon arahan Pak Bupati terkait penyerapan zakat dan realisasi anggaran yang ada saat ini, agar lebih optimal dan tepat sasaran tentunya,” tutur Fajeri.

Dirinya menambahkan, pada Hari Santri tepatnya tanggal 2 November 2023 mendatang, Baznas akan menggelar beberapa kegiatan dalam memeriahkan Hari Santri di Kabupaten Muara Enim diantaranya pemberian beasiswa dan santunan bagi santri serta pemberian bantuan berupa modal usaha bagi para santri.

Menyambut baik hal tersebut, Pj. Bupati yang hadir didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra H. Emran Tabrani, Plt. Asisten III Bidang Administrasi Umum Tarmizi Ismail, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) H. Ahmad Yani dan Kepala Bagian Kesra mengapresiasi Baznas Muara Enim atas dedikasi dan pengabdian dalam menyalurkan zakat di Kabupaten Muara Enim.

Kemudian, terkait penyerapan zakat dan realisasi anggaran, Pj. Bupati mengatakan, Pemkab Muara Enim akan melakukan kajian lebih lanjut mengenai peran pemda dalam membantu Baznas dalam pengambilan dan penyaluran zakat kepada masyarakat yang membutuhkan di Kabupaten Muara Enim.

“Kita sudah memiliki aturan yang mengharuskan menyisihkan 2,5% penghasilan setiap ASN yang ada di Kabupaten Muara Enim, akan tetapi tidak berhak juga kita memaksakan kepada seluruh ASN ini untuk membayar zakat secara paksa. Oleh karena itu nantinya akan kita kaji lebih lanjut dan saya minta bagian kesra untuk sering berdiskusi dengan Baznas,” pungkasnya. (Angga)

Bagaimana Menurut Anda