OKI Kukuhkan Duta Literasi

91
Bupati OKI H. Iskandar, SE mengukuhkan M. Alki Ardhiansyah menjadi Duta Literasi OKI tepat di hari peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober, Kamis (28/10). (Sumber Foto Kominfo OKI)

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Pertama kalinya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) memiliki duta literasi. Bupati OKI H. Iskandar, SE mengukuhkan M. Alki Ardhiansyah menjadi Duta Literasi OKI tepat di hari peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober, Kamis (28/10).

Duta Literasi, menurut Iskandar, memiliki tugas berat, yaitu menumbuhkan budaya literasi di masyarakat yang kian memudar.

“Pesan saya untuk Duta Literasi Kabupaten Ogan Komering Ilir, jalankan tugas dan amanah sebaik-baiknya. Mulai hari ini, jadilah figur yang mampu menjadi pelopor gemar membaca. Sebab, dengan membaca kita akan paham banyak hal sampai bisa menghasilkan karya yang bermanfaat bagi banyak orang,” pesan Bupati Iskandar.

Orang nomor satu di Bumi Bende Seguguk ini juga mengungkapkan keprihatinannya pada era serba digital saat ini, kegemaran masyarakat akan membaca buku kian menurun. “Hadirnya gadget membuat masyarakat hanyut dalam kecanggihan tekhnologi,” ujarnya.

Iskandar juga mengatakan, kecendrungan masyarakat sekarang yang meninggalkan budaya menulis. “Sekarang semua serba diketik. Padahal dengan menulis itu akan membekas di sanubari,” terangnya.

Sementara itu, Duta Literasi Kabupaten OKI M. Alki Ardiansyah Iskandar mengaku, membaca merupakan modal bagi generasi muda untuk memenangkan kompetisi global.

“Bangsa dengan budaya literasi tinggi menunjukkan kemampuan bangsa tersebut berkolaborasi, berpikir kritis, kreatif, komunikatif sehingga dapat memenangi persaingan global,” terang Alki sesaat setelah dikukuhkan sebagai Duta Literasi OKI.

Duta Literasi Kabupaten OKI M. Alki Ardiansyah Iskandar. (Sumber Foto Kominfo OKI)

Alki menambahkan, jika ia akan berupaya untuk memajukan literasi di OKI dengan turut memasyarakatkan minat baca. “Pengetahuanlah yang akan menjadi daya inovasi yang tak henti. Itu semua akan didapatkan dari membiasakan membaca,” kata Alki.

Baginya, impian itu hanya akan jadi angan semata tanpa ada dukungan dari pihak lain untuk turut mensukseskan.

“Kolaborasi adalah kunci. Saya sebagai Duta Literasi Kabupaten OKI mengharapkan dukungan dari berbagai pihak untuk mewujudkan gerakan Ogan Komering Ilir membaca. Dengan begitu, secara otomatis akan meningkatkan tingkat literasi di Bumi Bende Seguguk ini,” harap Alki. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda