Musim Kemarau, Bupati Ogan Ilir Melebung Ikan Bersama Masyarakat

17

OGAN ILIR, BERITAANDA – Bupati Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar SH didampingi para Forkopimda dan bersama kepala desa melebung ikan bersama masyarakat di Lebak Lebung Dusun I Desa Sungai Rotan Kecamatan Rantau Panjang, Jumat (13/10/2023).

Bupati Panca Wijaya Akbar menyampaikan, kegiatan melebung ini merupakan kegiatan memanen ikan secara bersama-sama disaat musim kemarau tiba.

“Melebung adalah tradisi turun temurun dari Ogan Ilir yang dilakukan oleh masyarakat setiap datangnya musim kemarau. Melebung ini ialah mencari atau menangkap ikan dilakukan secara beramai-ramai, dilakukan di sebuah lebung atau danau yang airnya sudah surut dengan menggunakan alat penangkap ikan yang beragam, mulai dari jaring ikan, serekap, jala dan lain sebagainya,” ungkap Bupati Panca.

Menurut Bupati Panca, tradisi melebung ini mesti dilestarikan sebagai salah satu budaya yang ada di Ogan Ilir.

“Tradisi melebung ini harus sama-sama kita lestarikan. Saya mengajak jadikan tradisi melebung ini sebagai salah satu aset budaya kabupaten yang benar-benar mesti kita jaga dan lestarikan,” terang Bupati Panca.

Tak hanya itu, dikatakan Bupati Panca juga, dari tradisi melebung ini tentunya selain kegiatan untuk berlomba-lomba berburu ikan, juga bisa dijadikan sebagai ajang silaturahmi antar sesama warga. (Adie)

Bagaimana Menurut Anda