Mantapkan Program Literasi, Pemkab Lambar Gelar Hari Kunjung Perpustakaan

160

LAMBAR-LAMPUNG, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Pemkab Lambar) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar peringatan hari kunjung perpustakaan dan bulan gemar membaca tahun 2019.

Kegiatan yang digelar di Kebun Raya Liwa ini mengusung tema ‘Mewujudkan Masyarakat Lambar Gemar Membaca’, dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bidang Administrasi Umum Edi Yusuf S.sos MH serta dihadiri beberapa Kepala OPD dan para peserta lomba.

Edi Yusuf menyampaikan, salah satu cara untuk meningkatkan minat baca masyarakat adalah dengan menggiatkan lomba yang berkaitan dengan buku. Karena Lampung Barat memiliki program unggulan yaitu literasi, sebagai bagian penting dari penumbuhan budi pekerti.

“Peran orang tua juga sangat diperlukan dalam menciptakan minat baca bagi seorang anak, bahkan sejak dalam kandungan orang tua memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan anaknya. Peran orang tua bukan hanya dalam hal sandang, pangan, dan papan, tetapi juga tumbuh kembangnya anak,” tegas dia, Kamis (12/9/2019).

“Membaca bisa menggunakan buku, internet atau media lainnya. Dunia modern saat ini sangat mendambakan generasi yang gemar membaca. Generasi yang gemar membaca akan meraih kesuksesan, baik dalam perkembangan pribadi, karir, maupun pembinaan masyarakat. Generasi suskes akan berpengaruh positif terhadap pembangunan bangsa, baik dalam kerangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang maju, mandiri dan mampu bersaing secara global,” pungkas dia.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Drs. Saripan Halim menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan selama satu hari, dengan maksud sebagai sarana promosi pembudayaan kegemaran membaca pada masyarakat, sesuai dengan visi dan misi perpustakaan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan tujuan meningkatkan minat baca dan membudayakan gemar membaca kepada masyarakat.

“Karena budaya baca bangsa Indonesia, termasuk di Lambar, masih tergolong rendah dan perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah maupun pemda dengan melakukan promosi pembudayaan gemar membaca terus-menerus,” jelas dia. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda