Letnan Dalimunthe Sah Jadi Sekda Sidimpuan

916
Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution melantik sejumlah ASN untuk menduduki jabatan strategis di lingkungan Pemkot setempat, Jumat (27/12/2019) pagi.

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – H. Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes akhirnya sah secara definitif menjadi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padangsidimpuan. Kepastian ini menyusul gelar pelantikan yang dipimpin Walikota Irsan Efendi Nasution, SH, di pendopo kantor sekretariat daerah, Jumat (27/12/2019).

Pada upacara pengambilan sumpah jabatan itu, walikota juga mengangkat Sopian Subri Lubis, S.Sos, M.Kes menjadi Kepala Dinas Kesehatan, posisi jabatan yang ditinggal Letnan. Dilantik pula 8 pejabat administrator setingkat eselon III. Yakni, Harun S.Sos, sebagai Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Kemudian, Eddy SE sebagai Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Daulat Parlaungan SE sebagai Sekretaris Dinas Sosial. Muhammad Dasuki Nasution ST, Kabid Perumahan Rakyat Dinas Perkim. Amir Syarifuddin SH, Kabid Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan.

Seterusnya lagi, Zufri Nasution S.Pd, Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Kemiskinan Dinas Sosial. Ikhwandi SKM, Kabid Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.

Gustomy Hamonangan Siregar S.Sos, MM, Kabid Koperasi dan UKM Dinas Perdagangan. Kemudian memberi tugas tambahan sebagai Kepala SMP Negeri 6 Kota Padangsidimpuan kepada Erlinda Pulungan S.Pd, yang sebelumnya guru di SMP Negeri 8 Sidimpuan.

Walikota mengatakan, pengangkatan Letnan didasarkan pada surat Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara No:B-4376/KASN/12/2019 tertanggal 17 Desember 2019, perihal rekomendasi hasil seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama sekretaris daerah Pemerintah Kota Padangsidimpuan.

“Sebelum melakukan pelantikan ini, kita sudah terlebih dahulu berkoordinasi dengan Gubernur Sumatera Utara dan Komisi Aparatur Sipil Negara. Termasuk diantaranya untuk mengisi jabatan pimpinan tinggi pratama Dinas Kesehatan,” katanya.

Mutasi dan rotasi jabatan, menurut walikota, merupakan hal biasa di organisasi pemerintahan. Bertujuan memperkokoh dan memperkuat kinerja pemerintah dalam tugas birokrasi dan pelayanan kepada masyarakat.

“Kepada saudara dan saudari yang dilantik hari ini, saya minta segera menyesuaikan diri dengan tempat tugas baru. Jadilah motor penggerak dan ingat bahwa jabatan ini adalah amanah yang sewaktu-waktu bisa diambil dan diserahkan kepada ASN lainnya,” imbuh Irsan.

Seperti diketahui, H. Letnan Dalimunthe sendiri oleh Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution dijadikan sebagai Penjabat (Pj) Sekda menggantikan Zulfeddi Simamora yang masuk usia pensiun. Letnan ikuti proses lelang jabatan sebagai calon pimpinan tinggi pratama hingga terpilih dan ditetapkan secara definitif. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda