Lawatan ke Muara Enim, Gubernur Herman Deru Resmikan Program Infrastruktur

261

MUARA ENIM, BERITAANDA – Dalam kunjungan kerjanya, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meresmikan program infrastruktur yang dianggarkan lewat dana pemerintah provinsi (pemprov) untuk di wilayah Kabupaten Muara Enim.

Peresmian tersebut berlangsung di lapangan Desa Cinta Kasih, Kecamatan Belimbing, Kabupaten Muara Enim, Selasa (2/3).

Turut hadir dalam acara tersebut Plh Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar (HNU), anggota Komisi XI DPR RI Hj. Percha Leanpuri B.Bus MBA, Plt Sekda Muara Enim Drs. Emran Tabrani, Forkopimda lingkup Kabupaten Muara Enim, anggota DPRD, camat serta kepala desa (kades) setempat.

Dikatakan Deru, Pemprov Sumsel akan terus menggulirkan bantuan untuk penanganan infrastruktur daerah melalui dana bantuan gubernur.

Menurut dia, pihaknya akan terus mendukung penuh apapun pembangunan di daerah yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengurangan kemiskinan, dan pengangguran.

Adapun program bantuan infrastruktur di Kabupaten Muara Enim yang telah digulirkan meningkat setiap tahunnya. Di tahun 2019 lalu, digulirkan bantuan infrastruktur provinsi sebesar Rp 71 miliar. Kemudian di tahun 2020 bantuan diperbesar menjadi Rp 99 miliar.

“Selama 2 tahun bantuan untuk Muara Enim mencapai Rp 170 miliar, tentunya jumlah ini belum begitu besar, tapi kita tetap perlu kerjasama dan menjalin sinergisitas,” jelasnya.

Lebih lanjut ia juga memastikan bantuan infrastruktur provinsi akan kembali dilanjutkan di Kabupaten Muara Enim. Untuk itu, Deru meminta Plh Bupati Muara Enim segera memetakan apa saja yang menjadi potensi dan prioritas pembangunan.

“Di Kabupaten Muara Enim sekarang sedang menggiatkan sektor pariwisata, tentu ini akan kami dukung. Apa saja yang dibutuhkan serta prasarana yang mau dibangun akan kita penuhi,” ungkapnya.

Sementara itu, Plh Bupati Muara Enim H. Nasrun Umar menuturkan bahwa pada tahun 2019, Kabupaten Muara Enim mendapatkan alokasi bantuan Gubernur Sumatera Selatan sebesar Rp 6 miliar untuk membiayai 2 paket kegiatan.

“Kemudian pada tahun 2020 meningkat sebesar Rp 29,5 miliar untuk membiayai 39 paket kegiatan infrastruktur yang tersebar di 22 kecamatan di Kabupaten Muara Enim. Alhamdulillah ke semua kegiatan tersebut telah selesai dilaksanakan dengan baik dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ulasnya.

Selain itu, lanjut dia, Pemkab Muara Enim juga telah dibantu pembangunan infrastruktur pada belanja langsung perangkat daerah Provinsi Sumatera Selatan, baik berupa pembangunan dan rehabilitasi jalan provinsi yang ada di Kabupaten Muara Enim maupun infrastruktur lainnya.

“Untuk itu sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas perhatian dan kepedulian Bapak Gubernur kepada Kabupaten Muara Enim,” ucapnya.

Dihadapan Gubernur Deru, Nasrun Umar kembali memaparkan bahwa Kabupaten Muara Enim ini memiliki luas 7.483,06 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 636.815 jiwa yang tersebar di 246 desa, 10 kelurahan dalam 22 kecamatan.

“Mengingat hal tersebut, tentunya saat ini kemampuan keuangan daerah Kabupaten Muara Enim belumlah dapat secara maksimal mengakomodir semua kebutuhan, termasuk pelayanan infrastruktur kepada masyarakat,” tegas dia.

Oleh sebab itu, lanjut dia, berbagai pembiayaan pembanguan diluar dana APBD Kabupaten Muara Enim yang salah satunya melalui keuangan pemerintah provinsi sangat berarti dan dibutuhkan.

“Kedepan kami berharap kiranya Bapak Gubernur masih terus mendukung pembangunan di Kabupaten Muara Enim, baik secara moril maupun melalui dukungan dalam bentuk pembiayaan yang bersumber dari APBD Provinsi Sumatera Selatan,” pungkas dia. (Adv/Angga)

Bagaimana Menurut Anda