Lahan PTPN 7 Cintamanis OI Kembali Terbakar, Warga: Kok Tidak Ada Sanksi?

407
Lahan tebu milik PTPN Nusantara 7 kembali terbakar, Senin (9/9/2019).

INDRALAYA-OI, BERITAANDA – Untuk kesekian kalinya, perkebunan tebu milik PTPN 7 Cintamanis Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir (OI) Sumatera Selatan (Sumsel) kembali terbakar. Kali ini kebakaran berlokasi di Rayon I Petak 132, Senin (9/9/2019) pukul 10.30 Wib.

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut. Namun akibat kencangnya angin berhembus, ditambah lagi tidak terlihatnya tim pemadam kebakaran dari perusahaan ini, membuat api dengan leluasa menjalar hingga menghanguskan lahan yang ada.

Setelah berjam-jam terbakar, barulah tim pemadam kebakaran dari pihak managemen PTPN 7 Cintamanis datang dan memadamkan kobaran api tersebut.

Dilansir dari warta9.com, lahan tebu yang siap panen itu terbakar cukup luas. Yakni kisaran dua hingga tiga hektare.

Diketahui sebelumnya, lahan perkebunan pabrik gula plat merah ini memang kerap kali terbakar. Bahkan statement yang dilontarkan oleh pihak managemen PTPN 7 Cintamanis di beberapa pemberitaan media menyatakan jika lahannya tidak akan terbakar, ternyata hanyalah isapan jempol belaka.

Terbukti kali ini, lagi-lagi kebakaran lahan terjadi, dan areanya juga cukup luas.

Sementara salah satu warga Tanjung Batu bernama Andre mengaku, menyayangkan seringnya terjadi kebakaran lahan milik perusahaan BUMN ini. Menurut dia, pihak PTPN belum serius meminimalisir terkait pencegahan lahan milik mereka.

“Ya begitulah fakta yang terlihat di lapangan, selalu dan selalu terbakar tiap tahun, Herannya kok sepertinya tidak ada sanksi dari pihak terkait terhadap perusahaan penghasil tebu ini,” tegas dia. (Adie)

Bagaimana Menurut Anda