KPU Sekadau Musnahkan Surat Suara Rusak dan Lebih

225

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau, Selasa (16/4/2019) sore, memusnahkan surat suara lebih dan cacat di halaman kantor KPU. Proses pemusnahan dilaksanakan dengan cara dibakar dan disaksikan unsur forkompinda dan aparat keamanan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua KPU Sekadau Drianus Saban, Komisioner KPU, Bawaslu, Kapolres AKBP Anggon Salasar Tarmizi S.Ik serta Kasat Pol PP Yapet Simon S.Sos.

Ketua KPU Sekadau Drianus Saban menjelaskan bahwa surat suara yang dimusnahkan adalah surat suara yang sudah melalui proses sortir di petugas KPU sebelum proses pendistribusian ke panitia pemilihan kecamatan (PPK).

“Pemusnahan surat suara harus melibatkan unsur dan instansi terkait sebagai saksi bahwa surat suara yang tidak bisa digunakan atau lebih dimusnahkan oleh KPU,” ujar Saban.

Setelah selesai dimusnahkan, selanjutnya KPU membuat berita acara pemusnahan. Dan salam berita acara diketahui bahwa surat suara yang dimusnahkan terbagi dalam dua kategori, yakni surat suara rusak sebanyak 1.497 lembar dan surat suara lebih sebanyak 2.724 lembar. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda