Kodim 0402 OKI / OI Silaturahmi dengan Komunitas Mobil dan Motor

62

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Kodim 0402 OKI / OI mengadakan silaturahmi dengan komunitas mobil dan motor, diselenggarakan di aula Kodim setempat, Rabu [3/11].

Untuk pembinaan komunitas ini merupakan program rutin Kodim 0402 OKI / OI, yakni komunikasi sosial (komsos) bersama komponen bangsa lainnya.

Kasdim 0402 Mayor Ernanda melalui Pasiter Kapten Widodo mengatakan, komsos merupakan agenda rutin TNI, khususnya Kodim 0402.

“TNI Angkatan Darat sebagai bagian dari TNI memiliki tugas pokok menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara KesatuanRepublik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara,” tegas dia.

Sedangkan untuk tugas-tugas sesuai kematraan antara lain, melaksanakan tugas TNI matra darat di bidang pertahanan yaitu dengan melakukan OMP dan OMSP, melaksanakan tugas TNI dalam menjaga keamanan wilayah perbatasan darat dengan negara lain melaksankan tugas TNI dalam pembangunan dan pengembangan kekuatan matra darat serta melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat.

“Dalam rangka melaksanakan tugas pokok dan tugas-tugas sesuai kematraan diatas, maka TNI Angkatan Darat salah satunya menyelenggarakan fungsi organik pembinaan, baik secara intern maupun secara umum,” tambah dia.

“Binter TNI Angkatan Darat pada hakekatnya adalah kegiatan penyiapan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai sishanta serta upaya untuk membangun, memelihara, meningkatkan dan memantapkan kemanunggalan TNI-rakyat melalui kegiatan salah satunya yakni komsos,” tegasnya.

Sementara itu, Dewan Penasehat Komunitas TeRUCI Chapter Hollywood, Muhlis, dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih atas undangan serta pembinaan dari Kodim 0402. Dirinya juga mengajak pengguna mobil Terios dan Rush untuk bergabung bersama, serta menjalin dan mempererat silaturahmi sesama pengguna mobil.

Di waktu yang sama, Ridwan selaku Ketua Geralit juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kodim 0402 karena telah mengundang serta mengadakan silaturahmi ini, sehingga terjalin komunikasi yang baik serta saling mengenal antar komunitas yang ada di OKI maupun OI, bahkan ke level nasional.

Sementara itu, Ketua Timor er-Sriwijaya OKI, Idham Syarief mengaku, dalam silaturahmi yang diselenggarakan Kodim 0402 ini tentunya banyak manfaat yang didapat. Bukan hanya silaturahmi, tetapi ini merupakan salah satu wujud dari menjaga keutuhan NKRI.

Mengapa demikian, ungkap pria yang akrab disapa Atta tersebut, karena dengan adanya komunitas yang berskala nasional ini merupakan salah satu wujud dari keeratan dalam berwarganegara. Dicontohkannya, melalui komunitas kita bisa mengenal dengan yang lainnya, baik secara lokal maupun nasional.

“Akhir tahun 2020, kami mengadakan touring Palembang-Bali. Alhamdulillah berkat komunitas kami selalu dipantau dalam perjalanan, mulai dari Pulau Sumatra, Jawa dan Bali. Inilah salah satu keuntungan berkomunitas, meskipun tanpa mengenal person tapi melalui stiker dapat saling menyapa,” ujarnya.

Hadir dalam komsos tersebut dari perkumpulan motor Wajek Online, Lets Go Deliveri, serta komunitas mobil seperti AXS, Avoid, Teruci, Fortuner, Geralit, Timor er-Sriwijaya OKI serta komunitas lainnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda