Kesbangpol OKI Gencarkan Sosialisasi Pemilu 2024 ke Pemilih Pemula

72

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Memasuki tahun politik, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) tengah fokus melakukan sosialisasi terhadap pemilih pemula.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) OKI Fahrul Rozi S.Sos MM mengatakan, kegiatan ini untuk memantik peran serta pemilih pemula untuk terlibat dalam tahapan Pemilu 2024.

“Sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada gen Z dan milenial, terutama pemilih pemula yang sudah berusia 17 tahun pada Pemilu 2024 atau sudah memenuhi syarat-syarat untuk memilih,” kata Fahrul Rozi pada kegiatan sosialisasi Pemilu bagi pemilih pemula di Desa Sugih Waras Kecamatan Teluk Gelam, Senin (6/3/2023).

Fahrul mengatakan, pemilih milenial begitu besar potensinya, sehingga anak muda perlu diedukasi tahapan demokrasi yang baik.

“Untuk kita kami beri pemahaman lewat sosialisasi di tiap pertemuan, khususnya di kecamatan dan desa,” ucapnya.

Fahrul mengungkapkan, upaya tersebut dilakukan guna memberi pemahaman kepada pemilih pemula terkait Pemilu, arti demokrasi, serta cara menggunakan hak dan kewajibannya menjadi warga negara dalam Pemilu mendatang.

Sementara, Bupati OKI melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Rosihan Anwar mengatakan, sosialisasi yang gencar dilakukan untuk lebih mengedukasi agar pemilih pemula menggunakan hak pilihnya dan tidak berpikiran untuk golput.

“Mengajak pemilih pemula untuk peduli menggunakan hak pilihnya, karena mereka nanti akan menjadi pelaku sejarah Pemilu serentak 2024 awal menjadi pemilih,” tegasnya.

Selain itu, tambah Rosihan, literasi politik bagi gen milenial dan gen Z untuk menghindarkan mereka dari penyebaran berita bohong (hoax), tidak terhasut oleh politik identitas seperti suku dan agama serta menghindari praktik-praktik politik uang.

“Jangan sampai terpancing dengan suasana panas menjelang Pemilu yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain,” pesannya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda