Kekeringan dan Cuaca Panas Mulai Melanda, Kecamatan Belida Darat Gelar Sholat Istisqa

313
Ratusan warga padati halaman kantor Camat Belida Darat.

MUARA ENIM, BERITAANDA – Halaman kantor Camat Belida Darat Kabupaten Muara Enim yang berlokasi di Desa Tanjung Bunut, Kamis (12/9/2019) sore lalu, dipenuhi ratusan warga dari berbagai desa di kecamatan tersebut.

Bukan tanpa alasan, kehadiran ratusan warga itu guna mengikuti kegiatan sholat minta hujan atau Istisqa, serta doa bersama yang digelar oleh tokoh agama, tokoh masyarakat, dan pihak kecamatan setempat.

Aldani, salah satu warga Desa Tanjung Bunut menjelaskan, kegiatan itu sebagai suatu harapan atau upaya memohon kepada sang pencipta agar bumi nusantara, khususnya Belida Darat, segera dibasahi oleh air hujan. Mengingat saat ini suasana iklim begitu panas.

“Kegiatan sholat Istisqa yang digelar, pokok utamanya adalah memohon kepada Allah SWT agar segera menurunkan hujan. Kita ketahui cuaca saat sekarang terasa ekstrim, belum lagi ancaman kekeringan serta kebakaran hutan. Semoga kegiatan yang dilakukan itu menjadi sarana berinteraksi dengan pencipta, sehingga atas kehendaknya bumi kami segera sejuk,” ucap dia, Sabtu (14/9/2019).

Camat Belida Darat dan warga saat mengikuti kegiatan sholat Istisqa.

Sementara itu dalam kegiatan tersebut juga digelar tausiyah agama oleh penceramah. Dalam pesan yang disampaikan, ia mengajak agar masyarakat makin mendekatkan diri kepada yang maha kuasa, serta segera bertobat dan menghindari perbuatan sia-sia.

Hadir selain ratusan warga dari berbagai lapisan, baik siswa sekolah di daerah itu, juga nampak Camat Belida Darat, kepala desa, serta tokoh masyarakat lainnya. (Adie)

Bagaimana Menurut Anda