Berusaha Menusuk Petugas dengan Sajam, Pelaku Curanmor Ini Keok di Dor Polisi

2076

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Nasib mujur tak selamanya berpihak kepada seseorang, seperti dialami Rustan Nawawi alias Tambat (30), pelaku curanmor asal Desa Pulau Geronggang Kecamatan Pedamaran Timur Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan.

Betapa tidak, jika dahulu ia berhasil kelabui korbannya bernama Ahmad Taslim (31), warga Desa Bumi Makmur Mesuji Raya OKI pada Jumat (22/3/2019) sekira pukul 09.30 Wib, di jalan poros desa tempat tinggal korban dengan modus berpura – pura minta diantarkan ke sesuatu tempat.

Dimana pelaku ambil alih kemudi sambil berkata ‘biar aku bae yang didepan kagek kamu dak tau tempatnyo’.

Setiba di depan tugu desa, pelaku meminta korban turun mengambil bungkus rokok yang sengaja dijatuhkannya. Tanpa curiga, korban pun turun dan pelaku langsung membawa kabur sepeda motor milik korban.

Enam (6) bulan kemudian sejak kejadian tersebut, tepatnya Rabu (11/9/2019), giliran korban yang bernasib mujur karena secara tidak sengaja melihat pelaku yang dulu membawa kabur sepeda motor miliknya sedang berada di kawasan Desa Kerta Mukti Kecamatan Mesuji Raya.

Mengetahui hal tersebut, korban langsung membuat laporan polisi di Subsektor Mesuji Raya pimpinan IPDA Ilham Parlindungan. Hingga keesokan harinya, Kamis (12/9/2019), pelaku pencuri sepeda motor tersebut tertangkap, bahkan dihadiahi timah panas di kedua kaki karena melakukan perlawanan.

Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra, SH SIK MM didampingi Kasubsektor Mesuji Raya IPDA Ilham Parlindungan SH melalui Paurbinops Bag.Ops Polres OKI IPTU Bambang Pancawala, saat dikonfirmasi Sabtu (14/9/2019), membenarkan adanya penangkapan tersebut.

“Saat itu pukul 21.00 Wib, Kasubsektor beserta Tim Macan Komering Polsek Mesuji Raya melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) di simpang empat Desa Mataram Jaya Kecamatan Mesuji Raya,” kata Paurbinops.

Sekitar 30 menit berlangsung, kata dia lagi, tiba – tiba dari jarak 100 meter ada sepeda motor yang berhenti mendadak dan langsung memutar arah. Melihat gelagat mereka mencurigakan, lalu Kasubsektor perintahkan 2 personel, Bripka Yoga Anggara dan Bripka Parlin Sepriadi, guna melakukan pengejaran.

“Mengetahui yang dibonceng adalah salah satu pelaku yang selama ini menjadi target operasi, Bripka Yoga Anggara perintahkan agar si pengendara menghentikan kendaraannya. Bukannya berhenti, pelaku Tambat langsung mencabut senjata tajam yang diselipkan di pinggangnya. Selanjutnya berusaha menusuk petugas,” ungkapnya.

Masih kata dia, sedangkan satu pelaku lainnya yang identitasnya telah diketahui berhasil kabur dengan sepeda motornya.

Melihat rekannya dalam ancaman, Bripka Parlin memberikan tembakan peringatan sebanyak tiga kali ke udara agar si pelaku menghentikan aksinya.

“Bukannya menyerah, pelaku Tambat malah mengejar petugas sambil mengayunkan senjata tajam, sehingga dengan terpaksa Bripka Parlin memberikan tindakan tegas dan terukur kepada pelaku dengan melumpuhkan kaki kiri dan kanan pelaku dengan tembakan,” ujar dia.

Ketika diinterogasi, pelaku ini mengaku sepeda motor hasil kejahatannya 6 bulan yang lalu telah dijual kepada seseorang di Kecamatan Sungai Menang.

Lanjut dia, mengetahui hal itu, Jumat (13/9/2019), Kasubsektor Mesuji Raya dan tim bergerak menuju Desa Talang Jaya Sungai Menang guna melakukan pengembangan dan mencari barang bukti sepeda motor milik korban.

“Setelah berkoordinasi dengan Kapolsek Sungai Menang IPDA Dedi Suandi, SH, Sabtu (14/9/2019) pukul 01.30 Wib, tim berhasil menemukan sepeda motor hasil curian tersebut di lokasi salah satu perkebunan yang ada di Kecamatan Sungai Menang,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda