Kasrem Buka Sintang Fashion Carnaval dan Gelar Budaya di Tugu BI

318

SINTANG-KALBAR, BERITAANDA – Pelaksanaan Gelar Budaya Bhineka Tunggal Ika dan Sintang Fashion Carnaval di kawasan Tugu BI dibuka oleh Kasrem 121 ABW Kolonel Infanteri Achmad Solihin, Sabtu (4/5/2019).

Kegiatan yang semarak dan unik tersebut dibuka dengan persembahan tarian massal yang mengusung tema ‘Sintang Harmoni’, karena melibatkan 400 penari yang berasal dari berbagai organisasi wanita di Kabupaten Sintang, yang dikoordinir oleh perempuan Melayu Kabupaten Sintang.

Selain untuk ikut memeriahkan hari jadi Kota Sintang yang ke-657 tahun 2019, kehadiran 400 penari juga untuk merayakan hari tari internasional.

Di tengah teriknya panas matahari Sabtu siang tersebut, ratusan penari dengan kompak menari mengikuti irama musik khas Melayu Sintang. Hadir juga menyaksikan tarian tersebut, Bupati Sintang dr H Jarot Winarno, Kadis Porapar Dr Hendrika, tamu undangan, serta ribuan masyarakat Sintang yang memadati kawasan Tugu BI dan Taman Entuyut.

Kolonel Infanteri Ahmad Solihin menyampaikan bahwa pelaksanaan Sintang Fashion Carnaval dan Gelar Budaya Bhineka Tunggal Ika yang untuk pertama kalinya ini memfokuskan pada tema ‘Sintang adalah Kita’.

“Ada makna dari tema ini, yakni Sintang ini sangat beragam adat, budaya, suku dan bangsa. Perbedaan itu disatukan dalam rumah besar kita, yakni Kabupaten Sintang. Kebanggaan bagi kita masih bisa menikmati ketertiban dan kedamaian di Bumi Senentang ini. Karena adanya kebersamaan ini, hari ini kita bisa menyaksikan pergelaran budaya dan kreasi seni dari berbagai suku yang ada,” terang Achmad Solihin.

“Kita juga akan menyaksikan pergelaran pakaian pengantin hari ini. Saya berharap dengan menyaksikan pakaian pengantin nusantara, gelar budaya dan aneka fashion, kita dan masyarakat yang turut menyaksikan kegiatan hari ini semakin bertambah wawasan kita, bahwa Sintang ini aman, bahwa kita memiliki seni budaya yang sangat banyak dan beraneka ragam. Selanjutnya, membuat kita semakin bersatu dan terus bersama-sama membangun Sintang ini. Mari kita jaga kebersamaan dan persatuan di Kabupaten Sintang. Semoga kegiatan seperti ini bisa menjadi hiburan bagi kita semua. Jaga kebersamaan ini terus menerus, karena Sintang adalah kita,” tutup Achmad Solihin.

Sementara koordinator perlombaan dan hiburan rakyat hari jadi Kota Sintang yang juga Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Dr Hendrika menyampaikan, penampilan karya anak bangsa dalam Sintang Fashion Carnaval dan Gelar Budaya Bhineka Tunggal Ika dilaksanakan untuk memupuk kebudayaan, seni, fashion serta menjaga keharmonisan di Sintang.

“Kegiatan ini juga sebagai sajian yang menarik dan sebagai hiburan bagi masyarakat. Kami berharap dengan kegiatan ini bisa menarik wisatawan untuk berjunjung ke Sintang,” terang Hendrika.

Setelah dibuka oleh Kasrem 121 ABW, peserta Gelar Budaya Bhineka Tunggal Ika dan Sintang Fashion Carnaval berjalan dari Tugu BI menuju simpang empat Polres Sintang. Lalu kembali lagi ke Tugu BI. Suasana sore Sabtu yang panas itu membuat panitia juga menyiapkan minum gratis bagi peserta dan masyarakat yang menonton. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda