Kasipers Kasrem 043/Gatam Peringati Upacara HUT TNI AL ke-77 Tahun 2022

16

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Kasipers Kasrem 043/Gatam Letkol Inf. Rizky Budianto mewakili Komandan Korem 043/Garuda Hitam Brigjen TNI Ruslan Effendy SIP mengahadiri upacara memperingati HUT TNI AL yang ke-77 tahun 2022, di lapangan Apel Mako Lanal Caligi, Senin (12/9/2022).

HUT TNI AL yang ke-77 tahun 2022 bertemakan ‘TNI AL yang profesional, modern dan tangguh siap mendukung Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat’.

Danlanal Lampung Letkol Laut (P) Zul Fahmi MTr. Hanla selaku inspektur upacara, saat menyampaikan amanat Kasal mengatakan bahwa para prajurit Jalasena Samudera yang ia banggakan, sebagai negara maritim, laut selalu dan selamanya akan menjadi urat nadi kehidupan bangsa Indonesia.

“Lautan menjadi media penting bagi akses pemerataan kesehatan, pendidikan dan perekonomian bangsa Indonesia menuju kejayaan sebagai bangsa maritim. Kontribusi besar sumber daya perikanan dan pariwisata bahari serta sumber daya alam lainnya yang terkandung di bawah laut membuktikan bahwa sektor maritim memegang peran penting bagi tumbuh dan berkembangnya bangsa Indonesia,“ terangnya.

Dalam amanatnya, Kasal juga menyampaikan, kelangsungan hidup sebagai bangsa maritim membutuhkan jaminan keamanan pada jalur distribusi ekonomi lewat laut, jaminan keamanan bernavigasi, jaminan atas terbukanya akses yang sama pada sumber daya alam, yang semuanya membutuhkan kekuatan TNI AL yang modern, profesonal dan tangguh.

“Merespon tantangan tersebut, TNI AL melaksanakan pembangunan kekuatan yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan tempur alutsista dengan upaya modernisasi diiringi dengan kelengkapan sarana dan prasarana serta dukungan logistik terpadu. Untuk itu kita butuh sumber daya manusia, prajurit yang menguasai keterampilan, ilmu pengetahuan dan teknologi, sekaligus berbudi pekerti luhur dan berkarakter kuat,“ terangnya. (Katharina)

Bagaimana Menurut Anda