Kapolda Lampung Kunjungi Pusat Instalasi K9 di Wildlife Kalianda

268

LAMSEL-LAMPUNG, BERTITAANDA – Kapolda Lampung Irjen Pol. Drs. Purwadi Arianto M,Si kunjungi pusat instalasi K9 deteksi satwa di Wildlife Kalianda Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel), Jumat (6/9/2019).

Dalam peninjauan tersebut, Kapolda didampingi Direskrimsus dan Kabid Humas Polda Lampung. Diterima langsung oleh Bupati Lampung Selatan, Kapolres, Kepala ASDP Pelabuhan Bakauheni, Polhut Lamsel, serta Kepala Bea Cukai.

Jakarta Animal Aid Network (JAAN) Sub Divisi K9 Wildlife yang berada di Lamsel adalah organisasi non pemerintah yang bergerak dalam penyelamatan satwa liar, dan dapat mendeteksi satwa-satwa yang akan diselundupkan.

Wildlife yang berada di Kalinda ini berdiri dari tahun 2018 sampai sekarang, selalu berkoordinasi dengan Balai Karantina di Bandar Lampung, dengan tenaga ahlinya sebayak 30 orang, serta dipantau langsung oleh warga Belgia, Miss Nathalie.

Sedangkan satwa liar yang sekarang ada di Wildlife Kalianda diantaranya monyet liar, kukang, anjing diteksi.

Kapolda Lampung pada kesempatan tersebut mengatakan, bahwa satwa liar di dunia10 persen ada di Indonesia. Maka kita dituntut menjaga satwa-satwa ini dari orang – orang yang tidak bertanggung jawab.

“Dunia pun memikirkan bagaimana satwa-satwa jangan sampai punah, maka kita dituntut juga untuk menjaganya. Masih banyak di Indonesia ini kita menemukan satwa liar yang dikomersilkan oleh orang,” ujar Kapolda.

Kapolda juga menegaskan bahwa tiga kejahatan besar adalah narkotik, teroris dan satwa langka. Banyak orang memelihara satwa langka, padahal itu jelas dilarang oleh UU. Untuk itu mari kita bekerjasama untuk menindak kejahatan yang ada di Lampung, khususnya di Bakauheni.

“Terima kasih buat Pemda Lampung Selatan yang telah menyiapkan tempat untuk penyelamatan satwa liar yang nantinya akan dilepas di alam bebas. Semoga tempat ini menjadi tempat edukasi,” pungkas Kapolda. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda