Jelang Hari Santri Nasional, PCNU Sekadau Gelar Seminar

68
Pembukaan seminar oleh Wabup Subandrio di Ponpes Al - Rahmah Sekadau. (BERITAANDA.NET)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Menjelang Hari Santri Nasional [HSN], Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sekadau mengelar seminar yang dibuka oleh Wakil Bupati Subandrio, Kamis (23/9), di Pondok Pesantren Al-Rahmah.

Seminar ini mengangkat tema ‘pendirian perguruan tinggi Islam swasta di perhuluan Kalbar (peluang dan tantangan)’.

Dalam seminar tersebut menghadirkan beberapa tokoh Kalbar dan Sekadau, seperti Dr. Syarif selaku Rektor IAIN Pontianak, Plh Ketua PWNU Kalbar Kyai Kaharudin S.Ag, Komisi III DPRD Herman A. Bakar, serta segenap pimpinan NU Sekadau.

Wabup Subandrio menyatakan kebanggaannya dengan dilaksanakan seminar ini. “Kualitas hidup ditentukan oleh sumber daya manusia yang dilahirkan dari pendidikan. Semakin tinggi kualitas pendidikan, maka semakin baik sumber daya manusianya,” beber Suban.

Dengan adanya seminar hari ini, Subandrio berharap, kedepan akan berdiri perguruan tinggi swasta Islam di Sekadau. Dengan demikian, akan menjadi perguruan tinggi swasta Islam kedua di perhuluan Kalbar.

“Pemerintah daerah mendukung pendirian perguruan tinggi swasta Islam di Sekadau,” tegas Suban.

Wabup juga meminta agar pasca dilaksanakan seminar, panitia mem- follow up denga kajian-kajian serta usulan untuk pendirian perguruan tinggi swasta Islam di Sekadau.

Di tempat yang sama, Rektor IAIN Pontianak Dr. Syarif mengatakan, hak pendidikan agama didasari pada Pancasila.

“Sila pertama Pancasila, bagi umat Islam dan bangsa Indonesia sudah final. Pancasila lahir dengan dirumuskan, dikaji, dan diridhoi para tokoh agama,” kata Syarif.

Dikatakan Syarif lagi, jika dilihat dari jam peserta didik yang sangat kecil untuk mendapatkan pelajaran agama dari tingkat sekolah dasar sampai SMA, maka dapat disimpulkan jam mata pelajaran agama sangat minim.

“Karena itu perlunya ikhtiar pendirian sekolah dan universitas agama guna menambah pengetahuan agama bagi anak dan generasi muda,” tukasnya. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda