Jajaran Polsek Cempaka Berhasil Ungkap Kasus Curat

89

MARTAPURA-OKUT, BERITAANDA – Jajaran Polsek Cempaka yang dipimpin oleh Kapolsek AKP Budhi Santoso berhasil mengungkap kasus tindak pidana pencurian dengan pemberatan (curat) yang terjadi pada Kamis (19/5) lalu.

“Peristiwa terjadi di pondok sawah milik korban Surya Candra (34), berada di Desa Adumanis Kecamatan Semendawai Barat Kabupaten OKU Timur,” jelas Kapolsek AKP Budhi Santoso, Ahad (22/5).

Kala itu, jelas Kapolsek lagi, sekira pukul 07.00 WIB, saksi Duan memberitahukan kepada korban melalui telepon bahwa pondok milik korban yang berada di sawah di Desa Adumanis, terbakar.

“Mendapat kabar itu, korban langsung ke lokasi. Setibanya korban melihat pondoknya hangus terbakar berikut isi barang barang berupa 1 unit mesin traktor bajak dan 1 unit mesin dinamo juga hangus terbakar,” terang Kapolsek.

Akan tetapi pada saat itu korban curiga tak ada sisa pembakaran padi. Kata Kapolsek lagi, karena seingat korban sebelum kejadian, di dalam pondok ada 9 karung padi yang berat perkarungnya 50 Kg.

“Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp 30 juta dan melaporkan ke pihak yang berwajib. Kemudian korban bersama anggota kita dari Polsek Cempaka mendatangi TKP,” ujar Kapolsek.

Lalu di sekitar tempat kejadian, lanjut Kapolsek, berjarak lebih kurang 200 meter menemukan 9 karung padi milik korban yang hilang tersebut disimpan di semak-semak oleh pelaku yang belum diketahui.

“Oleh kita, padi itu tidak dipindahkan, karena yakin pelaku akan kembali lagi untuk mengambil padi tersebut. Sekira pukul 18.00 WIB, saya minta Kanit Reskrim dan anggota melakukan pengintaian di sekitar lokasi,” tandas Kapolsek.

Sekira pukul 22.00 WIB, anggota kita melihat ada sinar lampu penerangan senter mendekati lokasi padi tersebut. Lanjut Kapolsek, lalu anggota kita langsung melakukan penggerebekan, akan tetapi pelaku tidak berhasil tertangkap.

“Namun pelaku meninggalkan 2 unit sepeda ontel, sehingga anggota kita melakukan penyelidikan siapa yang mempunyai 2 unit sepeda tersebut. Lalu didapat informasi bahwa salah satu dari sepeda tersebut milik Uli,” imbuh Kapolsek.

Kemudian anggota kita melakukan pemeriksaan, dimana Uli menjelaskan bahwa sepeda miliknya itu dipinjam oleh pelaku Andi Saputra (20). Sambung Kapolsek, pada Sabtu (21/5) sekira pukul 01.00 WIB, kita melakukan penangkapan terhadap pelaku Andi Saputra di rumahnya.

“Saat berhasil ditangkap, pelaku Andi mengakui perbuatannya dan menjelaskan ia melakukan pencurian bersama dengan 2 orang temannya berinisial DD (19) dan TM (30), sehingga dilakukan penggerebekan di rumah kedua orang itu, akan tetapi tidak ada di rumah (kabur),” tandas Kapolsek.

Berdasarkan pengakuan pelaku Andi Saputra, tujuan membakar pondok milik korban untuk hilangkan jejak pencurian yang pelaku dan kedua temannya lakukan. Pelaku Andi dan dua temannya, semua warga Desa Suka Negeri Kecamatan Semendawai Barat, OKU Timur.

“Kini pelaku Andi telah diamankan di Polsek Cempaka, berikut barang bukti padi sebanyak 9 karung dan 2 unite sepeda ontel,” pungkas Kapolsek. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda