Ini yang Disampaikan Kapolres OKI Saat Mendatangi Kediaman Almarhum Bripka Afrizal

857

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Rumah duka Bripka Afrizal SH di Jua-jua Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) masih terlihat ramai didatangi sanak keluarga dan tetangga yang datang, Senin (3/6/2019).

Kapolres OKI AKBP Donni Eka Saputra, S.Ik., SH.,MM dan istrinya Ny. Esi Donni Eka Syaputra, juga terlihat ada di rumah duka.

Taufik, adik kandung almarhum Bripka Afrizal yang gugur dalam tugas sebagai anggota polisi mengungkap, bahwa mereka 4 saudara. Dirinya yang merupakan anak ketiga, urutan di bawah almarhum, mengaku kehilangan sosok sang kakak.

Tidak ada firasat sebelumnya. Saat itu ia ada di jalan untuk lebaran di Bangka, kampung halaman istrinya. Belum sampai tujuan, ia mendapat kabar jika saudara laki-lakinya meninggal.

“Dapat kabar itu saya langsung pulang. Saya tidak sempat ikut memakamkan kakak saya,” ceritanya.

Ia juga menceritakan, memang beberapa bulan terakhir almarhum terlihat pendiam. Hobinya juga berganti-ganti. Kadang hobi melihara ikan, dan terakhir hobi mengoleksi bonsai.

“Tidak ada firasat dan juga tidak ada pesan terakhir. Terakhir almarhum memiliki hobi mengoleksi bonsai, bahkan sempat mau tebang pohon saya untuk dibuat bongsai. Tapi belum jadi ditebang,” katanya.

“Kakak saya menjadi anggota polisi sejak tahun 2005. Dalam melaksanakan tugas, kakak saya pulang ke rumah dua pekan sekali untuk berkumpul dengan keluarga. Kadang-kadang satu minggu sekali.”

“Terakhir beberapa waktu lalu saya telepon, tanya kapan pulang, dijawabnya belum tahu, karena masih ada kerjaan dan tanggung jawab melaksanakan tugas,” cerita Taufik yang juga menambahkan, bahwa saudaranya tersebut berusaha untuk meningkatkan karirnya untuk menjadi perwira polisi.

Tahun 2018 kemarin, masih katanya, pernah ikut/sekolah SIP untuk menjadi perwira, lulus tapi tidak rangking. Tahun ini (2019) rencananya mau ikut lagi.

Pihak keluarga, kata Taufik, mengharapkan agar pelaku ditangkap dan diberikan hukuman seberat-beratnya.

“Kami juga berharap agar ada perhatian untuk anak-anak almarhum. Anak almarhum inikan ada dua, semuanya laki-laki. Kami harap anaknya bisa menjadi seorang anggota polisi seperti orang tuanya,” harap Taufik.

Sementara Kapolres OKI AKBP Donni Eka Saputra, S.Ik., SH.,MM saat dikonfirmasi wartawan menjelaskan, pihaknya saat ini sedang melakukan pengejaran terhadap para pelaku. Tim sekarang sedang berada di lapangan.

“Kasus ini akan terungkap. Pelaku akan kita tangkap dalam keadaan apapun,” tegasnya.

Ditegaskannya, untuk almarhum Bripka Afrizal hak-haknya akan diberikan. Yang bersangkutan gugur dalam tugas. Hak yang dimaksud mulai dari hak gaji dan sebagainya, sesuai aturan yang ada dan berlaku.

“Untuk keluarga, yakni istri dan anak-anak almarhum akan mendapat perhatian dari kepolisian. Bahkan dari Yayasan Bhayangkari untuk anaknya, akan dapat perhatian secara bertahap. Seperti biaya untuk pendidikan,” jelas dia.

Lanjutnya, tadi harapan dari keluarga, yang disampaikan melalui kakeknya berharap, agar anak almarhum bisa jadi anggota polisi mengikuti jejak seperti ayahnya. Hal ini akan disikapi dan dipantau.

“Tadi disampaikan kakeknya. Kakeknya bilang kalau bisa anaknya jadi anggota polisi. Ini kita pantau terus dan memenuhi syarat, kita akan minta Polda membuat surat pada saat anak tersebut sudah cukup umur,” katanya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda