Ini Respon Pemkab Muba Terhadap Perubahan Iklim El Nino

79

MUSI BANYUASIN, BERITAANDA – Menanggapi perubahan El Nino, Penjabat Bupati Musi Banyuasin (Muba) Ariyadi Mahmud mengeluarkan instruksi siaga dan waspada dini dampak kabut asap dan deteksi dini dengue.

Instruksi ini disampaikan Apriyadi melalui surat edaran (SE) no B-440/5295/KES/2023 pada Senin (4/9/2023) di Sekayu.

SE yang ditandatangani oleh Kadinkes Muba dr. Azmi Dariusmanyssh ini ditujukan kepada Direktur Rumah Sakit dan Kepala UPTD Puskesmas di lingkungan Dinas Kesehatan Musi Banyuasin.

Instruksi berupa SE ini dikeluarkan merujuk SE Kementrian Kesehatan No PV.02.01/C/2350/2023 tentang terpaan EL Nino (suhu panas >30’C) disebagian besar negara Asia dan kemungkinan besar juga akan melanda Indonesia.

Pj. Bupati Apriyadi melalui dr. Azmi menyebut datangnya perubahan iklim EL Nino di Indonesia biasanya akan diikuti penyakit yang disebabkan oleh nyamuk atau dengue.

“Kondisi tersebut terjadi karena peningkatan suhu panas yang dapat menyebabkan insiden dengue dan kejadian luar biasa dengue di indonesia. Ini memiliki pola yang sama dengan kejadian EL Nino yakni replika virus meningkat jika temperatur udara meningkat,” terang Azmi.

Karena waktunya bersamaan musim kemarau, tambah Azmi, Pemkab Muba perlu mengantisipasi dampak kebakaran hutan dan lahan bagi kesehatan masyarakat.

“Kita juga menyiapkan beberapa tindakan untuk mengantisipasi meningkatnya kasus penyakit dengue. Kepada seluruh Kepala Puskesmas di wilayah Kabupaten Musi Banyuasin diinstruksikan untuk melakukan langkah-langkah pencegahan dan pengendalian,” kata dia. (Sansida)

Bagaimana Menurut Anda