Ikan Paus yang Terdampar di Perairan Tulung Selapan Berhasil Digiring ke Pinggir Laut Lepas

134

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Secara bersama-sama, warga akhirnya berhasil menggiring ikan paus yang terdampar di wilayah Perairan Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) sejak Ahad (24/1) hingga Senin (25/1) kemarin, ke pinggir laut lepas.

Perlu diketahui, menurut Kapolsek Tulung Selapan IPTU Eko Suseno, ikan paus itu terdampar bukannya di Sungai Kong Desa Sungai Pedade. Karena lokasi masuk wilayah Desa Simpang Tiga Jaya. Tepatnya di Sungai Tanjung Kait Kecamatan Tulung Selapan OKI.

“Ikan paus yang terdampar di Tanjung Kait Desa Simpang Tiga Jaya Tulung Selapan OKI, telah lepas dari lumpur dan sudah berada di perairan pantai timur, namun tak mau menjauh dari pantai,” kata Kapolsek, Selasa (26/1) pagi.

Tadi malam, jelas Kapolsek, di Tanjung Kait air pasang pukul 01.00 Wib. Tetapi karena lokasinya jauh dari permukiman, baru sekira pukul 05.00 Wib subuh, warga tiba di lokasi dan menggunakan speedboat menarik ikan paus, lalu digiring agar masuk ke perairan pantai timur.

“Kita (Polri, Dishub dan BKSD – red) bersama warga datang dari Sungai Lumpur, lalu ramai-ramai dari pukul 05.00 Wib menggiring ikan paus. Dan baru dapat keluar dari Kawasan Tanjung Kait pukul 08.00 Wib pagi. Karena telah dibuatkan alur sejak kemarin,” terang Kapolsek.

Sekarang ikan paus telah di perairan pantai timur pinggir laut lepas. Kata Kapolsek lagi, namun walaupun telah keluar tetapi saat ini masih mutar – mutar di pinggir, seraya enggan masuk ke laut lepas atau belum siap. Jadi bersama warga masih menggiringnya.

“Masih mutar-mutar di pantai, itulah pagi ini digiring. Mungkin ikan paus tersebut belum siap, di tubuhnya juga luka, mungkin kena baling – baling kapal. Tapi kebiasaannya kalau dia luka dan sudah ke pantai, dia kan trauma di laut,” ujar Kapolsek.

“Itu bisa saja terjadi, syukur – syukur dia tidak trauma, sehingga balik lagi ke laut. Sebab, tadi ikan paus tersebut seperti belum berani ke laut. Kendati begitu kondisinya sehat, berenangnya juga bagus,” pungkas dia. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda