Hari Ketiga Operasi, Warga Sukarela Bongkar Lokasi Penyulingan Minyak Ilegal di Muba

75

MUSI BANYUASIN, BERITAANDA – Petugas gabungan dari TNI-Polri yang diterjunkan dalam operasi penertiban penyulingan minyak ilegal di Muba terus bekerja.

Di hari ketiga, Rabu (22/11/2023), tim gabungan kembali menyambangi 15 lokasi penyulingan minyak ilegal di Desa Sukajaya Simpang Patin Kecamatan Bayung Lencir.

Berbeda dengan penertiban di hari pertama dan kedua di Simpang Berdikari, dimana petugas gabungan terpaksa menurunkan alat berat untuk membongkar 30 lokasi tersebut. Namun kali ini, warga dan pemilik lokasi dengan sukarela dan kesadaran sendiri membongkar lokasi yang selama ini dijadikan sebagai tempat penyulingan minyak ilegal tersebut.

“Ini tak lepas dari upaya pendekatan persuasif dan humanis yang sebelumnya telah dilakukan oleh personel gabungan TNI dan Polri. Akhirnya mereka secara sukarela dan mandiri membongkar lokasi penyulingan minyak ilegal tersebut,” ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Dirreskrimsus Polda Sumsel AKBP Putu Yudha Prawira SIK MH, Rabu (22/11/2023) malam.

Dikatakan Putu, selain membongkar sendiri tempat penyulingan minyak ilegal, warga secara sukarela juga menyerahkan sejumlah peralatan yang selama ini kerap dipergunakan untuk menyuling minyak. Diantaranya sebanyak 102 buah baby tank, 558 buah drum, 15 buah selang, 2 mesin pompa serta 21 unit tungku pembakaran kapasitas 8000 liter.

“Selain itu, sebanyak 17 unit pondok yang selama ini menjadi tempat untuk penyulingan dan memasak minyak ikut dirobohkan oleh warga sendiri,” sebut mantan Kapolres Asahan Polda Sumatera Utara (Sumut) ini. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda