Hadapi Pandemi Covid-19, Puslatpur Marinir 8 Teluk Ratai Adakan Program Ketahanan Pangan

142

BANDAR LAMPUNG , BERITAANDA – Di tengah mewabahnya pandemi virus corona atau Covid-19 yang terjadi diberbagai daerah di Indonesia, Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Marinir 8 Teluk Ratai melaksanakan program ketahanan pangan di jajaran Korps Marinir.

Komandan Puslatpur Marinir 8 Teluk Ratai, Letkol Marinir Data menyampaikan, program ini dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah dalam memenuhi kebutuhan pangan di masa pandemi.

“Ini juga merupakan perintah Komandan Korps Marinir untuk mengantisipasi faktor yang lebih buruk akibat dari pandemi Covid-19,” ujar Letkol Mar Data, Selasa (7/4/2020).

Dalam program ketahanan pangan ini, Puslatpur Marinir 8 Teluk Ratai mengawali dengan penanaman singkong dan jagung di lahan yang masih kosong di sekitaran Kesatrian dengan luas lahan sekitar 2 hektare. Kemudian pembuatan kolam ikan nila di belakang Kesatrian, dan sudah menabur benih seribu ekor ikan nila.

“Kita juga menggaet mitra dalam budidaya ikan kakap putih dengan cara kerambah apung, dan juga mengajak petambak udang untuk budidaya udang vaname,” jelasnya.

Letkol Marinir Data juga menegaskan, prajurit Marinir harus lebih aktif untuk mendukung pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19, dengan memutus mata rantai penularanya.  Dimulai dari penyemprotan disinfektan di Kesatrian, pengecekan suhu tubuh prajurit, pembuatan dan pembagian masker oleh ibu Jalasenastri ke seluruh prajurit dan keluarga, serta ke masyarakat yang melintas dari Kesatrian Puslatpur 8.

“Disiplin diri adalah kunci untuk menghadapi pencegahan Covid-19, istrahat yang cukup, olahraga yang teratur, rajin cuci tangan, memakai masker, hindari tempat keramain dan berdiam diri di rumah,” pungkasnya. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda