Gelar Apel Pengamanan Pilkada Serentak, Ini Pesan Kapolda Sumsel

14

PALEMBANG, BERITAANDA – Kapolda Sumsel Irjen Pol. Prof Dr. Eko Indra Heri S, MM melaksanakan apel kesiapan pengamanan TPS, simulasi dan pemberian materi tentang pengamanan TPS pemilu serentak 2020, bertempat di lapangan sepakbola Komplek Pakri Palembang, Kamis (26/11/2020).

Dalam amanatnya, Kapolda mengatakan bahwa Polri mendapatkan tugas dan amanah yang luar biasa dari negara dan masyarakat. Karena tidak terasa beberapa hari lagi, tidak hanya Sumsel, akan tetapi seluruh Indonesia akan melaksanakan kegiatan dalam rangka memilih wakil atau pimpinan yang akan duduk dalam posisi gubernur, bupati dan walikota.

“Tentu saja ini menjadi tugas yang mulia dan amanah yang diberikan masyarakat kepada kita aparat kepolisian untuk melaksanakan tugas pengamanan dan tetap menjaga agar pesta demokrasi tersebut dapat berjalan lancar dan tertib. Apalagi mengingat saat ini kita masih dalam masa pandemi Covid-19, tentu saja ini akan menjadi perhatian untuk kita semua,” kata dia.

“Saya mengingatkan untuk seluruh personel selalu ikuti aturan dengan baik. Apalagi di saat akan melaksanakan tugas pengamanan TPS di 7 kabupaten yang akan melaksanakan pemilukada serentak 2020. Atensi dari pimpinan yang pertama untuk para personel harus bisa menjaga situasi dan kondisi di TPS yang akan dijaga, serta kuasai tempat pelaksanaan tugas dengan berkomunikasi, bekerjasama dan bertanggung jawab dengan baik. Jangan sampai keberadaan para personel di sana justru akan menyusahkan masyarakat, karena kita lah yang harus melayani dan memberikan rasa aman di tengah masyarakat,” tegas dia.

Yang kedua jaga kesehatan dan keamanan diri masing-masing. Seperti kita ketahui bahwa saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19, untuk itu patuhi protokol kesehatan, jangan menganggap persoalan ini remeh karena masalah kesehatan ini sangatlah penting.

Ketiga yang tidak kalah pentingnya adalah Polri harus netral, tidak ada kata lain. Siapa pun yang akan menjadi pemimpin di daerah tersebut, itulah yang terbaik dan menjadi pilihan masyarakat untuk mengemban amanah dalam memimpin, memajukan dan mengembangkan serta mensejahterahkan daerahnya tersebut.

“Keempat adalah kita harus menyadari bahwa tugas ini sepertinya berat tetapi sebenarnya tidak. Para personel jangan menganggap ini sebagai tugas, anggap saja ini tamasya atau resfreshing melihat daerah – daerah. Sembari bersilahturahmi menambah pertemanan sehingga dapat berkomunikasi dengan masyarakat sekitar dengan baik,” pungkas dia.

Setelah apel ini, diadakan simulasi dan pembekalan materi yang berkaitan dengan pemilu serentak 2020. [Iwan]

Bagaimana Menurut Anda