Diskominfo OKI Fasilitasi Pembuatan Website Bagi Desa Cantik

26

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Diskominfo OKI fasilitasi pembuatan website bagi Desa Cantik (Cinta Statistik) yang diselenggarakan di aula kantor BPS Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Rabu (10/7/2024).

Melalui Kabid Layanan e-Government Muttaqin NS. S.Kom, Diskominfo OKI memberikan pengetahuan dan keahlian bagi desa untuk dapat membuat websitenya sendiri, sehingga diharapkan desa-desa di Bumi Bende Seguguk dapat terbuka dalam menyampaikan informasi terkait sumber daya dan potensi yang dimiliki desa.

Kepala BPS OKI Anugerahi Prasetyowati S.ST M.Si mengungkapkan, dalam kesempatan kali ini pihaknya mengundang desa yang telah didampingi oleh BPS sebagai percontohan, yaitu Desa Celikah dan Dabuk Rejo.

“Kedua desa ini diharapkan dapat menjadi percontohan bagi desa lainnya dalam melakukan pengelolaan data sampai publikasi data, sehingga akan banyak benefit yang diperoleh bagi desa itu sendiri,” jelas dia.

BPS OKI sendiri aktif menggelar pembinaan bagi desa dalam pengelolaan data statistik. Pembuatan website Desa Cantik nantinya akan melengkapi kualitas yang dimiliki desa di Kabupaten OKI.

“Selain itu dengan pemanfaatan data, desa akan lebih mudah dalam merencanakan suatu program dan kebijakan (data-driven policy),” pungkas dia.

Kabid Layanan e-Government, Muttaqin menyatakan, Diskominfo OKI siap membantu desa dan BPS untuk menciptakan ekosistem digital. Pembuatan website desa adalah salah satu langkah kecil yang nanti diharapkan memberikan dampak besar jika dilakukan dengan komitmen kuat dan konsisten.

“Desa yang memiliki website berarti telah membuka potensi desanya untuk dikenal oleh dunia. Banyak sekali kemungkinan yang didapat dengan adanya website desa, seperti pengembangan potensi, pengembangan investasi, penelitian akademisi dan lainnya,” jelas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda