Dikawal Anggota TNI-Polri, 13 Warga Dipindahkan ke ODP Center Teluk Gelam

405

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Sebanyak 13 orang warga yang ada di Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang sebelumnya melakukan isolasi mandiri ke RSUD Kayuagung, tetapi kemudian isolasi mandiri di rumah masing-masing, kini dipindahkan ke ODP Center Teluk Gelam OKI.

Pemindahan ke 13 orang warga oleh tim medis ini dikawal anggota Babinsa Ramil 402-09/Mesuji bersama beberapa anggota Babinkamtibmas Polsek Mesuji, dipimpin langsung Kapolsek Mesuji. Dikarenakan akan dilaksanakan pengambilan sampel swab untuk mengetahui kondisi terakhir ke 13 warga tersebut.

Adanya kegiatan pemindahan 13 warga ini dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKI sekaligus selaku Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten OKI, Iwan Setiawan SKm M.Kes, Rabu (20/5/2020) malam.

“Hal itu dilakukan, karena saat ini sudah masuk masa untuk pengambilan sampel swab yang nantinya akan digunakan sebagai penentu apakah ke 13 warga tersebut positif terpapar virus corona atau tidak,” ungkap Iwan.

Selain itu, diungkapkan Iwan juga, bahwa usai dilakukan pengambilan sampel swab, terhadap ke 13 warga tersebut juga akan dilakukan pengambilan sampel SPUTUM.

“Tadi sudah kita lakukan pengambilan sampel swab, di rontgen dan hasilnya dinyatakan negatif. Besok kita juga akan melakukan pengambilan sampel keduanya, yakni sampel SPUTUM,” jelas Iwan.

Apabila hasil pemeriksaan sampel kedua juga dinyatakan negatif, jelas Iwan lagi, maka ke 13 warga tersebut dinyatakan sembuh dan langsung diperbolehkan untuk melakukan aktifitas seperti biasa.

“Namun apabila hasilnya nanti diantara mereka ada yang dinyatakan positif, maka isolasi akan kita lanjutkan. Perlu diketahui juga, selama melaksanakan isolasi mandiri, ke 13 warga itu tetap dalam pengawasan, baik itu dari pihak Puskesmas, Polsek maupun Koramil 402-09/Mesuji,” ungkap Iwan.

Ditegaskan Iwan lagi, selama isolasi mandiri mereka tetap kita awasi dengan melibatkan beberapa tenaga kesehatan Puskesmas dan beberapa anggota Babinsa Ramil 402-09/Mesuji serta Babinkamtibmas Polsek Mesuji. “Jadi masyarakat tidak perlu khawatir,” pungkas dia menjelaskan. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda