Di Ujung Tanah Kadipan, Pj. Bupati Asraf Disambut Haru Lembaga Adat Melayu Alam Kerinci

18

KERINCI, BERITAANDA – Penuh hikmat dan haru saat penyambutan Penjabat (Pj) Bupati Kerinci Asraf STP M.Si di Bumi Sakti Alam Kerinci.

Ia disambut oleh Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Kerinci serta Majelis Permusyawaratan Adat (MPA) yang merupakan Pucuk SKO Alam Kerinci (Depati Jati).

Diketahui, penyambutan ini dilaksanakan di Ujung Tanah Kadipan (Tanah Rajo) Sanggaran Agung, menjadi saksi suasana haru saat penyambutan Pj, Bupati Kerinci Asraf oleh Pemangku Alam Kerinci yang terasa damai dan teduh.

Suasana gembira bercampur haru sangat terasa dikala Pj. Bupati Kerinci yang baru saja usai dilantik memeluk erat para Depati, Pemangku dan Ninik Mamak dengan linangan air mata. Lidah kelu, namun bathin saling berucap di Ujung Tanah Kadipan yang bertuah.

Ketua LAM Kerinci H. Syafrizal, Gelar Depati Muda Terawang Lidah (Penawar), saat penyambutan mengatakan, banyak harapan para pemangku adat terkait eksistensi masyarakat adat dan kesinambungannya dengan pemerintah

“Adat saat ini lah kupak, lembago lah sumbing. Kita berharap dengan adanya jalinan kerja sama antara LAM Kerinci dan pemerintah bisa merubah keadaan negeri, khususnya susun tindih (tatanan) adat di Sakti Alam Kerinci yang t’lah tercabik-cabik,” kata dia.

“Masalah ulayat adat yang sering menimbulkan konflik di tengah masyarakat, penyakit masyarakat (pekat), anak muda yang mesti diedukasi dengan pelajaran kearifan lokal, agar ia tahu tentang jati diri serta asal usulnya,” ungkap Ketua LAM dihadapan Pj. Bupati Kerinci

Ketua LAM Kerinci H. Syafrizal. Dpt menyampaikan, bahwa depati dan ninik mamak siap bahu membahu membantu Pj. Bupati Kerinci.

“Kalau mungkin, jadikanlah lembaga adat Forkopimda plus untuk menyelesaikan masalah-masalah di Kabupaten Kerinci,” tambah dia.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Kerinci Asraf mengaku berterimakasih sudah disambut dengan acara adat tersebut. (Tomi)

Bagaimana Menurut Anda