Debu Batu Bara Ancam Kesehatan Warga, Minta Bantuan DLH PALI

193

PALI, BERITAANDA – Tahunan warga Desa Harapan Jaya Kecamatan Tanah Abang Kabupaten PALI menghirup debu batu bara yang diduga berasal dari stock pile KM 36 milik PT Servo Lintas Raya (SLR).

Selain dari stock pile, juga tebaran debu hitam tersebut berasal dari jalan angkutan batubara yang berdampingan langsung dengan ribuan penduduk Desa Harapan Jaya Kecamatan Tanah Abang.

Salah seorang warga setempat mengungkapkan, tebaran debu hitam tersebut sangat mengganggu kesehatan, terlebih bagi anak-anak pelajar dan masyarakat sekitarnya.

“Mohon bantuan kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) PALI, cek di Desa Harapan Jaya perihal debu batu bara areal KM 36, penumpukan batu bara atau stock pile yang dekat pemukiman masyarakat,” kata warga berinisial WF ini, Selasa (5/9/2023).

Dia juga mengatakan, saking banyaknya debu tersebut, sehingga lantai rumah mereka setiap hari selalu bertebaran debu batu bara, dan tapak kaki hitam terkena debu.

“Kami minta tolong kepada DLH PALI supaya hal ini ditindaklanjuti, karena kami ingin sehat bukan ingin debu batu bara,” harapnya.

Sementara Kepala DLH PALI Bakrin mengatakan, jika waktu dekat pihaknya akan melakukan verifikasi ke lapangan bersama tim DLH, Dishub, Polpp Asisten 2 akan datang dan mengecek keluhan masyarakat.

“Dalam waktu dekat ini kita bersama Pak Wakil Bupati PALI akan datang ke sana,” ujar Bakrin saat dimintai tanggapan terkait keluhan warga tersebut.

Sementara itu pihak Servo Lintas Raya (SLR) hingga berita ini diterbitkan belum bisa dikonfirmasi terkait hal itu, namun wartawan akan terus mencoba untuk meminta klarifikasi. (AMD)

Bagaimana Menurut Anda