DD 2020, Pemdes Fadoro Prioritaskan Pemberdayaan Masyarakat Desa

296

GUNUNGSITOLI-SUMUT, BERITAANDA – Penggunaan dana desa (DD) tahun 2020 yang dilakukan oleh Pemerintahan Desa (Pemdes) Fadoro Kecamatan Gunungsitoli Idanoi Kota Gunungsitoli lebih memprioritaskan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa.

“Tahun 2020, kita lebih memprioritaskan penggunaan DD untuk kegiatan pemberdayaan yang bertujuan meningkatkan sejahteraan masyarakat Desa Fadoro,” kata Kepala Desa Fadoro, Krisman E Farasi, S.Pd ketika ditemui di ruang kerjanya, Sabtu (15/2/2020).

Krisman memaparkan, bahwa dari sisi peningkatan ekonomi, pemdes telah mendirikan BUMDes yang saat ini fokus menangani dan menyusun program yang bertujuan mengembangkan objek wisata yang ada di Desa Fadoro.

Di bidang pertanian, lanjutnya, pemerintah desa akan mendorong kelompok tani dengan melaksanakan pelatihan pembuatan pupuk fermentasi untuk mengatasi kelangkaan pupuk. Selanjutnya, meningkatkan pengetahuan para pemuda dalam mengikuti perkembangan zaman dan teknologi, Pemerintah Desa Fadoro juga melaksanakan kursus komputer yang saat ini sedang jalan.

“Bukan itu saja, untuk melestarikan budaya-budaya leluhur kita yang hampir hilang seiring perkembangan zaman, kita juga akan melaksanakan pelatihan-pelatihan kebudayaan untuk memupuk kebudayaan dari generasi ke generasi,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Krisman mengharapkan dukungan dan kerjasama seluruh masyarakat desa untuk mewujudkan desa yang maju dan berkualitas.

“Secara pribadi dan pemerintahan desa, saya berharap agar seluruh elemen masyarakat Desa Fadoro untuk terus menjaga kekompakkan, baik para aparat perangkat desa maupun masyarakat desa. Sehingga kita bisa mewujudkan seperti apa desa yang maju dan berkualitas itu,” harapnya. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda