Sosok Walikota Sidimpuan Irsan di Mata Nazwa

282
PW KAMMI Sumut, Hoirun Nazwa, saat diwawancarai awak media ini, Sabtu (15/2/2020).

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Berakhirnya musyawarah wilayah (muswil) ke-5 Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Sumatera Utara (Sumut), dengan Sidimpuan sebagai tuan rumah, menyisakan kesan berarti bagi peserta dari luar daerah.

Salah satunya diungkapkan Pengurus Wilayah (PW) KAMMI Sumut Hoirun Nazwa. Ditemui di pendopo kantor Walikota Padangsidimpuan, Sabtu (15/2/2020) pagi, perempuan asal Kota Tanjung Balai itu mengaku kagum akan sosok bersahaja seorang Irsan Efendi Nasution.

“Bagi saya pribadi dan diamini rekan lainnya, masyarakat Sidimpuan terbilang beruntung mempunyai figur pemimpin seperti Pak Irsan. Tak hanya humble (sederhana), Pak Walikota juga sangat bersahabat dan berwawasan luas, khususnya seluk beluk organisasi,” katanya.

Perempuan akrab dipanggil Nazwa itu berujar, awalnya mereka ragu akan kemampuan Kota Padangsidimpuan sebagai tuan rumah untuk menyelenggarakan musyawarah setingkat provinsi yang menghadirkan perwakilan KAMMI dari 13 kabupaten/kota se-Sumatera Utara.

“Tapi ternyata keraguan kami terbantahkan. Itu dibuktikan dengan betapa cekatannya mereka sang tuan rumah meng-handle acara. Ditambah udara di Sidimpuan ternyata sangat adem serta sejuk, sehingga perjalanan Muswil KAMMI kali ini terasa sangat khidmat,” ujar Nazwa.

Nazwa pun menyimpulkan, dibalik kesuksesan Muswil tersebut, walikota dia nilai punya peran penting. Termasuk saat diundang sebagai narasumber di malam puncak muswil yang digelar di Sapadan Conference Hall, Hotel Natama, yang memakan waktu hingga pukul 22.00 Wib.

“Dengan begitu santun dan bersahabat, beliau menjawab satu persatu pertanyaan yang kami lontarkan. Termasuk sejarah bagaimana proses dia lahir menjadi pemimpin di Kota Sidimpuan. Banyak dari kami pada akhirnya mengidolakan beliau sebagai sosok inspirasi,” sambung dia.

Jujur kami katakan, ujar Nazwa lagi, apresiasi yang luar biasa terhadap Walikota Sidimpuan. Dimana menurutnya, sangat terbuka dan open mind. Pola pemimpin seperti itu, sangat tepat dijadikan bahan percontohan serta diterapkan pemimpin daerah lain, khususnya di Sumut.

“Kalaulah saja ada banyak pemimpin seperti beliau (Walikota Sidimpuan) ini, saya rasa akan bahagialah masyarakat yang dipimpinnya,” ujar Nazwa menutup perbincangan seraya beranjak pergi menuju bus milik Pemprovsu yang akan membawa rombongan pulang ke Kota Medan. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda