Dankormar Dampingi Kasal Berikan Pembekalan Kepada Siswa Diktukpa Angkatan LI dan Diktukpakat TNI AL

13

SURABAYA, BERITAANDA – Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono mendampingi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono SE MM memberikan pembekalan kepada Siswa Pendidikan Pembentukan Perwira (Diktukpa) Angkatan LI dan Siswa Pendidikan Pembentukan Perwira Singkat (Diktukpakat) TNI AL tahun 2021, di Gedung Graha Samudera Bumimoro (GSB), Kodiklatal, Surabaya, Kamis (28/10).

Para siswa ini berasal dari tiga Kodik di bawah Kodiklatal, yaitu Kodikopsla, Kodikmar dan Kodikdukum.

Ke-758 siswa tersebut terdiri 469 siswa Diktukpa Angkatan LI dengan rincian 100 orang siswa Korps Pelaut, 76 orang siswa Korps Teknik, 46 orang siswa Korps Elektronika, 93 orang Korps Suplai, 27 orang Korps Kesehatan, 19 orang Korps Pomal, 23 orang Korps Khusus dan 85 orang siswa Korps Marinir.

Sedangkan 289 orang sisanya merupakan siswa Diktupakat tahun 2021, dengan rincian 80 orang siswa Korps Pelaut, 58 orang siswa Korps Teknik, 29 orang Korps Elektronika, 25 orang Korps Suplai, 2 orang Korps Kesehatan, 11 orang Korps Pomal, 26 orang Korps Khusus dan 55 orang siswa Korps Marinir.

Mengawali pembekalannya, Kasal menyampaikan, menjadi perwira adalah suatu prestasi yang membanggakan, untuk itu harus disyukuri sebagai rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa.

“Menjadi perwira adalah titik awal untuk merubah pola pikir, pola sikap dan pola tindak sesuai kode etik perwira TNI,” tegas dia.

Kasal juga menyampaikan bahwa perubahan strata pangkat juga menjadi perubahan status sosial, hal ini haruslah tetap bergaya hidup sebagai prajurit yaitu prasaja, jujur dan irit. Selain itu agar sebagai perwira juga menjadi pemimpin yang memiliki beban tugas, wewenang dan tanggung jawab berupa moril, terhadap keluarga, anak buah dan lingkungan.

“Sebagai perwira juga dituntut untuk berani mengambil inisiatif, inovatif dan tampil secara positif serta mampu menjadi teladan bagi lingkungannya,” tambahnya.

Pada akhir pembekalan, Kasal menyampaikan beberapa penekanan kepada siswa sebagai bekal pada penugasan yang baru.

“Tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan, sebagai landasan luhur dan pengabdian, pertahankan jatidiri sebagai prajurit TNI AL dan junjung tinggi nila-nilai trisila TNI AL. Tetap jaga kesiap-siagaan dan kesiapan dalam menghadapi ancaman nyata yang dapat muncul sewaktu-waktu, mulai biasakan diri hidup berdampingan dengan Covid-19 dengan tetap laksanakan prokes yang ketat dan dukung percepatan penanganan pandemi,” ungkap Kasal.

Turut hadir pada acara tersebut para Asisten Kasal, Dankodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat dan pejabat utama Kodiklatal, diantaranya Wadan Kodiklatal Laksda TNI Agus Hariadi, Inspektur Kodiklatal, Kepala Kelompok Tenaga Pendidik (Kapokgadik), para Direktur, para Komandan Kodik dan Komandan Pusdik dijajaran Kodiklatal, serta para Pangkotama TNI AL Wilayah Surabaya. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda