Ciptakan Lapangan Kerja, Babinsa Kodim 0402/OKI Bersama Warga Sungai Ceper Belajar Pandai Besi

183

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Babinsa Koramil 402-13/Sungai Menang Serka Tri Ariwibowo dan Serda Hendri bersama perwakilan warga Desa Sungai Ceper Kecamatan Sungai Menang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengikuti pelatihan pandai besi yang diselenggarakan oleh PT Bumi Mekar Hijau, bertempat di UPTD Balai Bangdikjur Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (20/9/2022).

Pelaksanaan pelatihan pandai besi ini selama 6 hari dengan peserta pelatihan sebanyak tujuh peserta, terdiri dari lima peserta berasal dari Desa Sungai Ceper Kecamatan Sungai Menang OKI dan dua peserta berasal dari Babinsa Kodim 0402/ OKI.

Komandan Kodim 0402/OKI-OI Letkol Inf. Hendra Saputra S.Sos MM M.I.Pol mengatakan, pelatihan pandai besi yang diikuti oleh anggota Babinsa dan warga ini bertujuan mendapatkan keterampilan, dengan begitu bisa menciptakan lapangan kerja, khsususnya bagi warga setempat.

“Pelatihan pandai besi sangat baik, terutama untuk warga. Sebab, bisa menciptakan lapangan kerja baru di desa. Jadi, pekerjaan di desa tidak hanya bertani dan berkebun saja,” ungkap Dandim.

Masih kata Dandim, untuk anggota Babinsa, ilmu keterampilan yang didapat bisa diajarkan atau ditularkan kepada masyarakat desa binaan.

“Tentunya pihak kita sangat berterima kasih kepada perusahaan yang telah menyelenggarakan pelatihan ini bagi anggota Babinsa dan warga,” ucap Dandim.

Bukan hanya itu, lanjut Dandim, sebagai wujud nyata perhatian perusahaan kepada warga diadakan pelatihan pandai besi ini, termasuk kegiatan lainnya. Semoga kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat desa dapat dilakukan berkesinambungan.

“Jadi nantinya apabila warga Desa Sungai Ceper ada pekerjaan baru melalui pandai besi, maka dengan begitu bisa meningkatkan pendapatan mereka,” tandasnya.

Sementara itu, perwakilan PT BMH Muhammad Rozi menyampaikan, program ini merupakan comminity development bagian dari komitmen perusahaan kepada masyarakat, khususnya sekitar operasional perusahaan.

“Peserta dilatih membuat peralatan kerja. Dimana peserta pelatihan setelah pelatihan akan mendapatkan modal berupa peralatan kerja dan modal untuk pengadaan material. Hasil kerajinan peserta berupa parang, alat tugal, baling-baling, ketinting dan lainnya, akan di suplay untuk memenuhi kebutuhan operasional plantation PT BMH,” tutupnya.

“Ddengan pelatihan pandai besi ini adalah salah satunya menciptakan lapangan kerja dan pembinaan usaha pandai besi kedepan. Termasuk dalam hal perbaikan kualitas dan peningkatan produksi,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda