Cegah Terjadinya Kecelakaan Lalulintas, PT Jasa Raharja Bersama Kepolisian Gelar Sosialisasi

206

LAMSEL-LAMPUNG, BERITAANDA – PT Jasa Raharja Cabang Lampung bersama dengan kepolisian menyelenggarakan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat dan petugas di sekitar perlintasan sebidang tahun 2019, Rabu (6/11/2019), bertempat di kantor Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel).

“Kegiatan ini dilaksanakan dikarenakan betapa pentingnya perlintasan sebidang ini, khususnya kepada masyarakat, supaya bisa memahami bahwa sering terjadi kecelakaan dimana diantara KAI dan lalulintas,” kata Kepala Jasa Raharja Cabang Lampung, Suratno, kepada wartawan pada kesempatan tersebut.

“Melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan masyarakat di wilayah Kecamatan Natar bisa memahami, mengetahui, dan bisa menjaga keselamatan lalulintas,” ujar dia.

Dirinya juga menambahkan bahwa Jasa Raharja mempelopori kegiatan ini. Sebab, Jasa Raharja sangat peduli pada pencegahan terhadap keselamatan lalulintas, baik terhadap kecelakaan sebidang maupun yang terjadi di luar perlintasan bidang,” terangnya.

“Kecelakaan yang terjadi di bidang perlintasan sebidang ini mengalami peningkatan dari 2018 ke tahun 2019, yaitu di atas 100 persen. Dan ini menjadi perhatian bersama. Dalam hal ini, Jasa Raharja selaku pemberi santunan kepada korban kecelakaan,” ungkap Suratno lagi.

Sementara Kasatlantas Polres Lampung Selatan AKP Kasyfi Mahardika, SH SIK menegaskan bahwa penyebab kecelakaan sebidang dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain faktor manusia, faktor jalan dan faktor lingkungan.

“Ketiga faktor tersebut akan kami bahas pada kegiatan sosialisasi ini, misalnya faktor manusia kadang – kadang karena kelalaian, tidak memperhatikan rambu – rambu yang ada di sekitar perlintasan tersebut. Sedangkan faktor jalan, misalnya karena sarana dan prasarana, kemudian tidak adanya plang, tidak adanya rambu – rambu di sekitar perlintasan. Lalu faktor lingkungan, misalnya adanya pasar, adanya sekolah dan pemukiman penduduk,” pungkas Kasatlantas

Sementara itu, dalam kegiatan sosialisasi tersebut hadir pula pihak PT KAI, masyarakat Natar, maupun Camat Natar. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda