Lindasari Iskandar Terapkan Gerakan PKK di Desa Pangkalan Lampam

324

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Supervisi, Pembinaan, Evaluasi dan Monitoring (SPEM) Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ke-18 di Kecamatan Pangkalan Lampam, merupakan agenda tahunan yang dilakukan guna mendapatkan gambaran pelaksanaan kegiatan program PKK. Kami datang sebagai bentuk pengawasan dan evaluasi, sekaligus melakukan pembinaan.

Hal ini diungkapkan Ketua TP PKK Kabupaten OKI Hj. Lindasari Iskandar ketika berkunjung ke gedung olahraga multifungsi di Desa Pangkalan Lampam, Rabu (6/11/2019) siang.

Menurut dia, gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga yang selanjutnya disebut dengan gerakan PKK, merupakan gerakan dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat.

“Tujuannya adalah untuk terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat, sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender, serta memiliki kesadaran hukum dan lingkungan,” katanya.

Gerakan PKK dilaksanakan melalui 10 program pokok pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga. Katanya lagi, meliputi penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong-royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat.

“Sesuai Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017, program penghayatan dan pengamalan Pancasila dimaksud berupa pembentukan dan penumbuhan karakter keluarga melalui peningkatan kesadaran masyarakat dalam semua aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” tandasnya.

Gerakan PKK senantiasa berupaya ikut menggerakan peran serta keluarga-keluarga dan masyarakat secara keseluruhan, agar mereka lebih tau, lebih mau, dan lebih mampu meningkatkan kesejahteraan hidup dan penghidupannya.

“Oleh karena itu, saya mengajak seluruh jajaran Tim Penggerak PKK sekaligus memohon bantuan semua pihak untuk memberikan bimbingan, pembinaan dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada kader – kader PKK, termasuk kader dasawisma guna menciptakan kerukunan dalam keluarga dan lingkungan demi terwujudnya keluarga sejahtera Indonesia,” tandasnya.

“Mari turut serta mensukseskan kegiatan pembangunan di desa, kecamatan dan Kabupaten OKI. Tambahnya, gelorakanlah terus semangat pengabdian kita untuk kebajikan seluruh umat dan seluruh keluarga serta lingkungan, khususnya masyarakat Ogan Komering Ilir yang sama kita banggakan dan cintai,” pungkas dia.

Pantauan di lokasi, usai berikan kata sambutan, Ketua TP PKK OKI Hj. Lindasari Iskandar selanjutnya secara simbolis menyerahkan bantuan, diantaranya berupa bingkisan untuk lansia sebanyak 70 paket sembako. Kemudian pemberian paket susu dan telur untuk anak, bantuan seragam sekolah untuk anak SD dan SMP sesuai sasaran tercatat.

Tak hanya itu, juga bantuan bibit alpokat, pemberian tablet FE untuk remaja, pemeriksaan IVA tes dan Sadari untuk deteksi kanker pada perempuan, pelayanan KB dan pemeriksaan kesehatan gratis. Lalu, bantuan barang UP2K untuk kelompok sasaran yang telah mengajukan proposal, dana bergulir UP2K, serta lainnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda