Bupati IPA: Agar Ekonomi Desa Berputar dengan Baik, Kades Hendaknya Libatkan Masyarakat

300
Bupati OI saat memberikan sambutan dalam acara malam puncak perayaan pesta rakyat di Kecamatan Payaraman.

INDRALAYA-OI, BERITAANDA – Bupati Ogan Ilir (OI) HM. Ilyas Panji Alam (IPA) berpesan kepada kepala desa (kades) agar pembangunan di desa, khususnya yang bersumber dari anggaran dana desa (ADD) dan dana desa (DD), selalu melibatkan masyarakat banyak. Baik ketika musyawarah, pembelian material sampai pada pengerjaannya.

Hal ini dikatakan IPA saat memberikan sambutan dalam acara malam puncak pesta rakyat yang digelar di Kecamatan Payaraman dalam rangka HUT RI ke-74, Senin (2/9/2019) malam.

Menurut IPA, hal ini penting dilakukan agar manfaat DD benar-benar dapat dirasakan warga, sehingga tak hanya ketika sudah dilakukan pengerjaannya, namun juga saat pembangunan sedang berlangsung.

“Hendaknya kepala desa menyertakan masyarakat luas di desanya dalam penyelenggaraan pembangunan. Misalnya mengajak masyarakat bekerja diaktifitas pembangunan tersebut. Kemudian kalau ada warga di desa setempat yang menjual pasir, koral, semen dan lain – lain juga harusnya dibeli milik mereka, walaupun harganya lebih mahal sedikit dari diluar, agar ekonomi di desanya juga berputar dengan baik,” ucapnya di depan ratusan warga Kecamatan Payaraman.

Selain berpesan kepada kades di kecamatan ini, bupati juga mengajak warga agar dapat memaknai kemerdekaan RI dengan melakukan hal yang positif, agar cita-cita pendiri bangsa bisa terus terjaga dan diharapkan makin cinta NKRI.

Adapun sebelum acara perayaan malam puncak pesta rakyat berlangsung, kedatangan Bupati OI dan rombongan disambut dengan tarian mapak raje. Kemudian dilanjutkan dengan acara inti, diantaranya pembagian piala dan hadiah kepada para pemenang lomba yang digelar beberapa waktu yang lalu dalam rangka menyemarakkan HUT RI di kecamatan tersebut. (Adie)

Bagaimana Menurut Anda